Breaking News
Home / Kabar USM / M Chaerul Latief Raih Doktor

M Chaerul Latief Raih Doktor

-Doktor Ilmu Komunikasi Pertama di USM

BANDUNG- Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, Mochamad Chaerul Latif Ssos M.Si resmi meraih gelar doktoral (S3) di Universitas Padjajaran (Unpad). Pengukuhan doktor dilakukan dalam sidang promosi doktoral  bidang Ilmu Komunikasi yang digelar terbuka di Ruang Sidang Program Pascasarjana  Jumat (3/2).

Mantan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi USMN ini meraih gelar doktor usai mempertahankan disertasi dengan judul “Pemolaan Komunikasi Siri’ Masyarakat Bugis di Kampung Bugis Desa Kemujaan Kepulauan Karimun Jawa Tengah”.

Dalam disertasinya, ia mengungkapkan pemolaan Komunikasi Siri’ masyarakat Bugis di Kampung bugis Dusun Tingkat, yakni masyarakat, kelompok hingga tingkat individu.”pada tingkat masyarakat, ini merupakan salah satu bentuk implementasi harga diri orang bugis dalam melestarikan bahasa bugis sebagai nilai atau tradisi budaya mereka, yakni siri’ ungkap Mochamad Chaerul Latif.

Bertindak sebagai promotor adalah Dr Asep Suryana MSi, Prof Dr Hj Mien Hidayat MS dan Dr Hj Susanne Dida MM. Bertindak sebagai oponen ahli Prof Dr  H Engkus Kuswarno MS, Prof Dr HaryoS.Martodirdjo MS dan Dr Nuryah Asri Sjafirah MSi.

Sidang yang dipimpin oleh Dekan Fikom Universitas Padjajaran Dr Dadang RahmatMSi dan Sekertaris sidang Dr Dra Ninis Agustin Damayanti MLib ini juga menghadirkan Prof H Deddy Mulyana MA Ph.D sebagai representasi Guru Besar.

Hadir dalam kesempatan tersbut Rektor USM Prof Dr H Pahlawansjah Harahap SE ME, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Joetata Hadihardaja, Dekan FTIK Titin Winarti Skom MM serta para dosen  lain.

Joetata berharap ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat di dalam membesarkan program studi Ilmu Komunikasi USM. Disamping itu dapat menginspirasi dosen-dosen di lingkungan USM untuk dapat melanjutkan studi S3.

“Yayasan sangat mendukung siapapun dosen dilingkungan USM untuk menempuh pendidikan S3. Dukungannya tidak hanya sebatas pemberian beasiswa saja, tapi yayasan dan pengelola Universitas juga memfasilitasi kerjasama ke sejumlah Universitas di luar Indonesia” ujar Prof Ir Joetata Hadirahardaja.

About redaksi