Breaking News
Home / Kabar USM / ​​Dekan FTP USM Raih Doktor
​​Dekan FTP USM Raih Doktor

​​Dekan FTP USM Raih Doktor

-Ciptakan beras analog untuk penderita diabet
Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang ( USM )  Sri Budi Wahjuningsih meraih gelar doktor pada ujian terbuka promosi doktor program Doktor Ilmu Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Rabu (5/4).
Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Karakterisasi  sifat fungsional dan identifikasi nilai indeks glikemik serta sifat hipoglikemik beras analog berbasis pati sagu ( metroxylon spp) dan tepung kacang merah ( phaseolus vulgaris)” dihadapan dewan penguji yang terdiri dari Prof Drs Sutarno MSc PhD, Prof Dr M Furqon Hidayatullah MPd, Dr Ir Supriyadi MS, Prof Dr Ir Bambang Pujiasmanto MS, Prof Dr Ir Y Marsono MSc, Danar Praseptiangga STP MSc PhD.
Selain itu ada Prof Dr Ir  Bambang Haryanto MS, Dr Setyaningrum Ariviani STP MSc, dan Prof Dr Ir V Priyo Bintoro MAgr.
Dekan FTP USM ini memberikan solusi makanan alternatif selain beras yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup yaitu dari sagu dan kacang merah. Selain itu beras analog bisa menurunkan kadar gula darah bagi penderita penyakit diabetes melitus sehingga bagi penderita penyakit ini bisa mengkonsumsi beras analog berbasis pati sagu dan tepung kcang merah.
Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Joetata Hadihardaja menyambut baik atas diarihnya doktor oleh Sri Budi Wahjuningsih.
“ Saya bangga atas prestasi para dosen USM walaupun perguruan tinggi swasta tetapi banyak yang meraih doktor dengan predikat cumlaude baik di UGM, Unair, Unpad, ITS, UNS, dll” ungkapnya.
“Mudah-mudahan apa yang di capai dekan FTP ini bisa memacu para dosen untuk meraih doktor” tambahnya.

 

 

 

 

About redaksi