Breaking News
Home / Kabar USM / Cegah Kekerasan Melalui Pendidikan Ramah Anak
Cegah Kekerasan Melalui Pendidikan Ramah Anak

Cegah Kekerasan Melalui Pendidikan Ramah Anak

SEMARANG – Sebanyak 350 orang mengikuti Seminar Nasional betemakan “Pendidikan Ramah Anak untuk Mencegah Kekerasan” yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) dalam rangka Lustrum VI USM.
Seminar yang dilaksanakan pada Rabu (12/4) ini menghadirkan pembicara Erlinda B Ed MPd, Sekjen Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Drs Hari Waluyo MM, Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Semarang, dan Dr Mulya Virgonita, MSi Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi USM.
Erlinda menjelaskan mengenai upaya perlindungan dari eksploitasi, diskriminasi dan kejahatan pada anak. “Untuk menyelamatkan anak, maka setiap orang perlu memahami psikologi anak dengan benar, memahami penanganan pencegahan kekerasan pada anak, memahai bahwa pendidikan tidak hanya hasil belajar, dan memperhatikan kompetensi kerja dan daya sain global”, ujarnya.
Hari Waluyo menerangkan mengenai pendidikan ramah anak, dan Mulya Virgonita menjelaskan mengenai tinjauan psikologis dari perilaku kekerasan anak dan remaja.
“Melalui Seminar ini kita dapat turut serta menyumbangkan ide, ilmu, dan pemikiran untuk memecahkan masalah bangsa terkait dengan pendidikan ramah anak”, ungkap Markus Nanang SPsi MPsi Psikolog selaku ketua panitia Seminar Nasional tersebut.
Dekan Fakultas Psikologi USM, Prof Dr Dra Hardani Widhiastuti MM Psikolog berharap semoga dari seminar ini dapat membawa berkah dan manfaat bagi semua khususnya yang hadir pada seminar ini.

About redaksi