Breaking News
Home / Berita Fakultas / Ilkom USM Ajak Warga Jomblang Olah Sampah

Ilkom USM Ajak Warga Jomblang Olah Sampah

SEMARANG – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) bekerja sama dengan Kelurahan Jomblang, menggelar workshop kreativitas daur ulang dari botol bekas yang berlangsung di Balai RW XIV Kini Balu Barat Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari, Minggu (9/7).

Ketua panitia, Ambar Septiawan menjelaskan, dipilihnya limbah botol bekas, sebab sampah ini mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. “Kebanyakan dari kita beli air mineral, setelah itu pasti botolnya dibuang, dan akhirnya jadi sampah. Padahal jika dikelola dengan benar, limbah botol itu bisa bermanfaat dan memiliki nilai seni tinggi. Bahkan bisa menghasilkan dan membantu perekonomian warga.” ujarnya kepada suaramerdeka.com.

Dalam kesempatan tersebut diajarkan bagaimana mengolah limbah botol menjadi lampu hias yang disampaikan secara langsung oleh Yoga dari Karang Taruna Tunas Muda Sendangguwo. Setidaknya ada empat tahapan yang harus dilalui. Seperti pemotongan, pengecatan, pemasangan lampu hingga finishing.

Tidak hanya pelatihan daur ulang botol bekas, peserta yang didominasi ibu-ibu rumah tangga itu juga diberikan pelatihan daur ulang koran bekas oleh Sur selaku pengurus bank sampah Kelurahan Jomblang. Sama halnya botol bekas, limbah koran bekas juga bisa dimanfaatkan menjadi karya seni bernilai tinggi seperti tas dan guci. Guna mendukung dan menampung hasil karya warga, pihaknya juga menggandeng UMKM Sampah Muda Kota Semarang. “Harapannya kegiatan ini bisa berkelanjutan dan memberikan ilmu kepada masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungannya. Bagaimana cara mengolah sampah yang baik dan bermanfaat. Dari sampah jadi berkah,” tandasnya.

About Humas USM