Breaking News
Home / Berita Fakultas / Mahasiswa USM Ajarkan Siswa SMA Jurnalistik

Mahasiswa USM Ajarkan Siswa SMA Jurnalistik

SEMARANG – Dalam rangka school tour untuk mengisi waktu liburan, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), mengajak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Semarang untuk bergabung dalam acara coaching clinic jurnalistik bertemakan “World of Communication”, Rabu (5/7/2017) di Gedung G.3.4 FTIK USM.

Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 10.00 – 13.00. Jumlah peserta yang berpartisipasi sekitar 25 anak yang berasal dari SMA sekota Semarang. Satu di antara peserta yang datang, Arfian Mahenda (17), siswa dari SMA 10 Semarang, mengaku awalnya datang karena ajakan seorang teman. Tapi setelah mengikuti acara tersebut, yang diawali penyampaian dasar-dasar Jurnalistik, Arfian mengaku menjadi semakin tertarik dengan profesi seorang wartawan.

“Kelihatannya seru karena banyak jalan-jalannya. Saya jadi tertarik suatu saat nanti bisa masuk jurusan Ilmu Komunikasi juga,” kata Arfian yang saat ini baru duduk di bangku 3 SMA itu. Sementara, Lilik Putri, selaku panitia penyelenggara, mengungkapkan jika acara ini dilaksanakan sebenarnya untuk mengaplilasikan ilmu mata kuliah Internal dan Eksternal Public Relations (IEPR). Sekaligus memberikan pandangan tentang kekuatan bahasa dalam dunia jurnalisme kepada siswa SMA yang datang hari itu. “Persiapan kami untuk membuat acara ini sekitar dua sampai tiga mingguan.

Dan Alhamdulillahnya antusiasme peserta sendiri cukup baik,” ungkap Lilik. Antusiasme peserta mulai tampak saat pembicara memberi kesempatan bertanya untuk bertanya, dengan cepat tiga peserta angkat tangan. Kemudian maju ke depan satu per satu, lalu melontarkan pertanyaan yang berbeda, yakni seputar materi jurnalisme dan kiat menjalani profesi sebagai wartawan. Acara tersebut, juga bekerjasama dengan Komunitas Berita (Kober) Universitas Semarang. Dan mengundang pembicara Edi Nurwahyu Julianto, selaku praktisi jurnalistik dan juga dosen Ilmu Komunikasi FTIK USM.

About Humas USM