22
MAR
2013

Menpora Akan Buka USM Open

SEMARANG – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo akan meresmikan Gelanggang Olahraga (Gelora) USM pada 15 Mei mendatang di Jl Soekarno-Hatta.

Seusai meresmikan Gelora yang akan diberi nama ”Gelora Prof Sudarto SH” itu, Menpora akan langsung membuka Kejuaraan Bulu Tangkis USM Open Antarmahasiswa dan Antarpelajar SMA/sederajat.

Rektor USM, Prof Dr Pahlawansjah Harahap SE ME mengatakan, USM Open direncanakan berlangsung pada 15-19 Mei.

Kejuaraan berhadiah total Rp 50 juta itu akan mempertandingkan nomor tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran. Selain kelompok mahasiswa dan pelajar SMA, USM Open juga akan mempertandingkan nomor kelompok umur (KU) di bawah 12 tahun dan 13-15 tahun.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Ir Joetata Hadihardaja mengatakan, pembangunan Gelora yang menelan dana Rp 43 miliar itu nantinya multifungsi, yakni bisa dimanfaatkan untuk cabang olah raga bulu tangkis sebanyak enam lapangan, bola basket dua lapangan, dan bola voli dua lapangan dilengkapi tribun dengan kapasitas 800 pe­nonton.

”Gelora ini dibangun untuk menyeimbangkan kegiatan intra dan kokurikuler mahasiswa. Di sini (Gelora–red) nantinya merekabisa bermain bulu tangkis, voli, dan basket,” kata mantan dekan Fakultas Teknik Undip tersebut.

Menurutnya, pembangunan Gelora dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pembangunan Gelora, PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa), dan panjat tebing.

Dengan pembangunan sarana tersebut diharapkan bisa mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa di bidang olahraga.

”Direncanakan pembangunan Gelora ini selesai akhir April,” ungkap mantan ketua Ika Undip selama tiga periode itu.

Trisakti

Secara terpisah, Ketua Panitia USM Open, Iswoyo SPt MP mengatakan, perguruan tinggi yang telah memastikan diri ambil bagian antara lain Universitas Trisakti Jakarta, dari Universitas Negeri Surabaya, Universita Muhammadiyah Malang, UNS Solo, AUB Solo, UTP Solo, Universitas Ti­dar Magelang, Univet, UKSW Salatiga, Undip, Unnes, Unisbank, UMK Kudus,UPS Tegal, Unika Soegijapranata, Untag Semarang, IKIP PGRI Semarang, Universitas Muhammadiyah Magelang, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

”Kami juga sudah dihubungi dari Universitas Lambungmangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan menurunkan pemainnya,” jelasnya.

Beri komentar

*

captcha *