Universitas Semarang

Anggy Umbara, Sutradara Film Box Office Sambangi USM

AYANG FITRIANTI, S.S. | 31 October 2018


Semarang – Universitas Semarang (USM) melalui Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) bekerjasama dengan Detik.com menggelar seminar 1 Hari 3 Ilmu di Auditorium Ir. Widjatmoko USM , pada hari Selasa (30/10).

Dalam acara seminar dengan dihadiri Ketua Yayasan Alumni Undip, Prof H Abdullah Kelib Rektor USM Andi Kridasusila SE MM wakil Prof. Dr. Dra. Hardani Widhiastuti, MM., psikolog wakil rektor III Dr. Mochamad Chaerul Latief, M.Si, para pejabat utama USM dan Ketua Panitia.

Kegiatan acara yang menghadirkan tiga narasumber inspiratif dari baground yang berbeda yaitu Pemimpin Redaksi cnnindonesia.com Yoko Sari (Dunia jurnalistik dan pengelolaan media online),  VPMarketing loket.com Ario Adimas (Portal online penyelenggaraan event) sedangkan Sutradara Anggy Umbara (Dunia perfilman Indonesia).

Yoko menyampaikan pengiklanan pada media digital dapat dilakukan di berbagai konten dimedia sosial. Deliver contect seperti sosial media, news aggregator dan SEO (search engine optimization) sosial  media dan hoax situs berita tidak jelas mengambil berita tanpa ijin dan backlink.

“Media dan teknologi merupakan hal yang berkesimbungan tanpa teknologi yang terbaru atau mendukung media akan menjadi lama dalam memberikan penyampaian.”tambahnya.

Aryo dimas yang merupakan salah satu perusahaan di bawah GO-JEK Group menyampaikan, loket.com merupakan Portal Online penyelenggaraan Event dengan memanfaatkan full service event management dan memberi layanan secara end-to-end.

Selanjutnya kemudahan yang dihadirkan loket.com tidak lepas dari pemanfaatan secara optimal teknologi informasi untuk menghasilkan inovasi dibidang penyelenggaraan event. “Kerja itu bukan berapa lamanya, tetapi seberapa banyaknya pengalaman.”tutur Ario Dimas.

Nasumber ketiga dari seorang inspirator yaitu Anggy Umbara dengan sejumlah film yang berhasil tembus lebih dari 1 juta penonton dan meraih beberapa penghargaan. Salah satu terobosan Anggy dalam dunia perfilm adalah memanfaatkan teknologi CGI-nya (Computer Generated Imagery) yaitu pencitraan yang dihasilkan oleh computer.

Salah satu kebahagiaan yang dirasakan oleh seorang sutradara adalah, melihat karyanya dihargai dan dinikmati oleh banyak orang. Hal serupa juga dirasakan oleh sutradara yang gemar menggarap film-film action-comedy, Dari sekian banyak film yang dibuat oleh Anggy, yang berhasil tembus lebih dari 1 juta penonton beberapa di antaranya yaitu  Comic 8, 3 (Alif Lam Mim), Warkop DKI Reborn.