Universitas Semarang

Dosen Hukum USM Ikuti Workshop Penyusunan Buku Ajar

Saiful Hadi | 27 February 2019

SEMARANG- Fakultas Hukum Universitas Semarang (USM) menyelengarakan Workshop Penulisan Buku Ajar bagi dosen dilingkungan Fakultas Hukum USM pada 26-27 Februari 2019 bertempat di Kampus Jl.Soekarno-Hatta Semarang,

Workshop yang dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum B Rini Heryanti SH MH ini menghadirkan narasumber dari Undip antara lain Prof Dr Ir Vitus Dwi YBI MS MSc, Prof Dr Sutejo Kuwat Widodo, MSi, Dr Ir Subandiyono MAppSc, Dr Aris Triwiyanto MT, dan Prof Dr IriyantoWidisuseno MHum.

Dalam sambutannya Rini menyampaikan bahwa dalam melaksanakan amanah UU No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dosen secara perseorangan atau berkelompok wajib menulis  buku ajar atau buku teks untuk mendukung proses belajar mahasiswa dan sebagai buku pegangan untuk suatu matakuliah yang dipergunakan sebagai rujukan standar pada mata kuliah yang diampunya.

“Buku ajar bisa menjadi referensi baku bagi mata kuliah dan pengembangan budaya akademik serta pembudayaan kegiatan baca tulis bagi sivitas akademika,  karena dalam penulisan buku ajar dan teks  memiliki perbedaan pedoman standar / format standar baik untuk template dan gaya selingkungnya” tambahnya.

Rini menambahkan untuk penyusunan buku ajar / buku teks yang baik, maka fakultas hukum menyelenggarakan workshop penulisan buku ajar yang merupakan kelanjutan dari pelatihan metodologi penelitian hukum, dengan harapan adanya outcome dari para dosen untuk meningkatkan jumlah buku ajar di Fakultas Hukum USM.

Sementara menurut Dr Ir Subandiyono MAppSc bahwa buku ajar dibuat dengan tujuan memudahkan tugas dosen dan memudahkan mahasiswa untuk belajar.

“Buku ajar terdiri dari uraian yang sederhana dan mudah dipelajari, menyajikan banyak contoh dan latihan, menyederhanakn konsep, menggunakan bahasa yang komunikastif dan bersahabat” ungkapnya.

“Selain itu gambar, ilustrasi dan tabel sangat diperlukan dalam buku ajar sehingga memudahkan dosen dan amahasiswa” tambahnya.

Pada worksop tersebut para peserta mendapatkan materi antara lain  pengembanagn aspek kebahasaan bahan ajar, konsep dasar/ hakekat bahan ajar, metode penyusunan bahan ajar, teknik penulisan bahan ajar, desain dan lay out buku ajar, manajemen referensi berbasis aplikasi, indexing buku ajar, serta plagiarisme.