Universitas Semarang

Dosen TI USM adakan pelatihan desain mobile sistem untuk siswa SMK

AYANG FITRIANTI, S.S. | 22 August 2019

Seamarng - Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat membuat kebutuhan sistem tidak hanya sebatas web sistem, mobile sistem sudah menjadi kebutuhan yang harus dimiliki agar informasi dapat diakses lebih mudah melalui gadget. 

Berkaitan dengan hal tersebut dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang di adakaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Semarang (LPPM USM), tiga dosen progdi TI USM, yaitu : B. Very Christioko, M.Kom, April Firman Daru, M.Kom dan Khoirudin, M.Eng mengadakan pelatihan pengembangan desain antar muka mobile sistem menggunakan  Tool Figma bagi siswa SMK agar aplikasi mobile yang dibuat memiliki tampilan menarik dan mudah digunakan. 

Pelatihan ini diikuti 73 siswa dari SMK N 8 Semarang, di bagi menjadi tiga kelas dan dilaksanakan di Lab Komputer Fakultas TIK Universitas Semarang.    

Ketua Tim Pengabdian B. Very Christioko, M.Kom membuka Kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan memberikan pemahaman kepada peserta tentang pentingnya desain antar muka mobile sistem. Antar muka yang menarik dan sistematis memudahkan pengguna memakai aplikasi mobile yang dikembangkan. 

April Firman Daru, M.Kom selaku anggota tim pengabdian menambahkan bahwa dewasa ini, semangat digitaliasi di Indonesia sudah merambah ke semua bidang. Dampaknya, industri software akan semakin berkembang, menjadi peluang bagi programer programmer untuk terus berkarya dan menjadikannya sebagai lahan bisnis atau pekerjaan. Namun demikian aplikasi yang dihasilkan oleh pengembang dituntut lebih baik dari segi kemampuan sistem dan tampilan antar muka agar dapat dipakai banyak orang. 

Pada Sesi selanjutnya, siswa dijelaskan bagaimana membuat desian mobile sistem yang baik menggunakan Figma. Menurut Khoirudin M.Kom sesi ini dimulai dari bagaimana cara membuat akun di figma.com, dilanjutkan dengan membuat lembar kerja dan penggunaan tool yang ada sekaligus fungsinya. Desain yang bagus bisa dijadikan dasar pengembangan aplikasi. Setelah materi selesai disampaikan, peserta diminta membuat desain hasil karya mereka sendiri. Hal ini dilakukan untuk evaluasi sejauh mana peserta memahami materi yang disampaikan.

Diakhir Sesi, Ketua Kompetensi Keahlian RPL SMK N 8 Semarang  Nuning Minarsih, S.Pd, M.Kom sangat mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan. “Pelatihan ini sangat bermanfaat. Semoga  pelatihan ini bisa dilaksanakan kembali di waktu yang akan datang dengan materi yang berbeda “ tambah Nuning.