Universitas Semarang

FE USM Gelar Seminar Nasional Soal Pengelolaan Dana Desa

AYANG FITRIANTI, S.S. | 25 July 2019

Semarang – Fakultas Ekonomi Universitas Semarang ternyata mempunyai perhatian terhadap pembangunan desa khususnya di Provinsi Jawa Tengah. Untuk itulah seminar nasional kali ini mengangkat tema Akuntabilitas dan Transparansi Pengeolaan Dana Desa Menuju Kemandirian Desa  di Gedung V lantai 6, Universitas Semarang.

Pada seminar ini FE USM tidak hanya menyediakan waktu untuk para narasumber memaparkan materinya, namun juga terdapat sesi diskusi dimana para peserta seminar dapat mengutarakan pendapatnya terkait pengelolaan desa khususnya masalah anggaran. Adapun narasumber pada seminar ini adalah Prof Dr FX Sugiyanto selaku Dosen FEB Universitas Diponegoro dan Joko Mulyono yang mewakili Ir Sugeng Riyanto MSc dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil. Semnas ini dimoderatori oleh Abdul Karim SE MSI yang merupakan Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi USM.

Joko Mulyono mengatakan jika dana desa di Jawa Tengah selama tahun 2015 – 2019 terus meningkat. Dana desa sendiri disalurkan oleh pemerintah provinsi kepada kabupaten, lalu disalurkan lagi kepada pemerintah desa. Penyaluran dana desa dilakukan dengan cara pemindahbukuan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten dan yang terakhir Rekening Kas Desa.

“Untuk mencegah pemasalahan mengenai Dana Desa ini salah satunya dengan peningkatan peran aktif pembina dan pendamping professional,” ujar Dekan FE USM Yohanes Suharjo SE MSI.

Seminar ini merupakan upaya membangun kesadaran masyarakat terhadap pembangunan desa. Posisi desa sendiri merupakan subyek hukum menjadikan desa memiliki hak dan kewajiban terhadap aset atau sumber daya yang menjadi miliknya. Seminar ini diikuti oleh 130 peserta yang terdiri dari Dosen FE , mahasiswa dan beberapa tamu undangan.(DS)