Universitas Semarang

FTIK USM Inisiasi Kerjasama dengan Educa Studio Bentuk Kuliah Online Pembuatan Game

AYANG FITRIANTI, S.S. | 16 August 2019

Salatiga, Jawa Tengah - FTIK (Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi) USM (Universitas Semarang) baru saja berhasil menjalin kerjasama dengan Educa Studio yang merupakan perusahaan startup IT terkemuka di Jawa Tengah yang berjalan di bidang software dan game pendidikan. Kerjasama ditandatangani di Salatiga pada Selasa (13/8/2019) oleh Dekan FTIK USM Susanto dan Direktur Educa Studio Andi Taru. Turut hadir bersama Dekan FTIK USM adalah Kaprogdi Teknik Informatika April Firman Daru, Ketua Pusat Kajian Revolusi Industri Basworo Ardi Pramono, dan Humas FTIK USM Febrian Wahyu Christanto. Kerjasama yang dilakukan meliputi pembuatan Kuliah Online Pembuatan Game, magang mahasiswa, kegiatan training, dan penelitian bersama.  

Inisiasi kerjasama antara FTIK USM dan Educa Studio ini muncul karena keprihatinan dunia pendidikan bidang IT tentang sedikitnya jumlah “programmer” perangkat lunak di Indonesia karena sarjana-sarjana IT lebih memilih untuk bekerja di luar bidang mereka seperti menjadi pegawai bank, PNS, staff administrasi, sales, dan pekerjaan-pekerjaan lain di luar bidang IT. Padahal potensi pekerjaan di bidang perangkat lunak sangat besar dan menjanjikan.

Ditemui setelah penandatanganan kerjasama, April Firman Daru selaku Kaprogdi Teknik Informatika USM mengatakan, “Kerjasama-kerjasama dengan pelaku teknologi seperti dengan Educa Studio ini sangat diperlukan institusi perguruan tinggi untuk menghasilkan sarjana-sarjana IT yang handal”. Hal ini juga diamini oleh Andi Taru selaku Direktur Educa Studio. Andi mengatakan, “Kami siap menggandeng perguruan tinggi IT seperti USM untuk mencetak sarjana-sarjana IT menjadi programmer perangkat lunak yang handal seperti juga keinginan dari Pemerintah melalui Menkominfo (Rudiantara) yang menyampaikan bahwa Indonesia masih butuh sekitar 600.000 programmer dan talenta digital setiap tahunnya. Dan kami siap untuk membantu mewujudkannya”.

“Kerjasama ini sangat menarik karena setiap mahasiswa baru FTIK USM mulai September 2019 ini akan diberi member untuk mengikuti kuliah online Pembuatan Game di Educa Studio, jadi secara otomatis selain mereka mendapatkan ilmu di kampus juga mendapat ilmu dari Educa Studio. Jadi kemampuan programming mahasiswa kami akan selalu terasah. Nantinya saat mahasiswa menjalani proses magang, mahasiswa punya kesempatan pula untuk magang di Educa Studio syukur-syukur diterima kerja disana. Selain itu Educa Studio siap melakukan training bagi dosen dan mahasiswa serta penelitian bersama antara FTIK USM dan Educa Studio” tutup Susanto selaku Dekan FTIK USM.