Universitas Semarang

HMJ-Akuntansi gelar Kuliah Umum

AYANG FITRIANTI, S.S. | 18 September 2018


Semarang -  Sejumlah 286 mahasiswa ikuti Kuliah Umum yang diselengarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJ-A) Universitas Semarang (USM) pada Selasa (18/9) di Auditorium Ir Widjatmoko USM.

Wakil Rektor III Dr. Mochamad Chaerul Latief, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka acara, mengatakan bahwa mahasiswa harus mempunyai sofftkill dalam berkomunikasi dan cara bagaimana berkomunikasi yang baik, dan bisa memberikan pengetahuan yang memadai yang dapat membantu mahasiswa yang berkeinginan mengembangkan potensinya dalam bidang perpajakan.

Acara yang bertemakan “The role of taxes to improve the regional economy” ini mengundang lima pembicara yakni M. Hanif Arkanie, ST.M.Ec dari KPP Gayamsari Iwan Nugroho dari Dirjen Bea Cukai, Dr. Bambang Joyo Supeno SH.M.Hum & H.MS. Rusdyanto SH.MM.MBA dari DPRD Jateng, Elly Asmara S.STP.MM dari Bapennda dan dimoderatori oleh Amerti Irvin Widowati SE Msi.

Dalam menyampaikan materinya Rusdyanto menjelaskan adapun program optimalisasi pajak daerah yaitu, pemeriksaan dan penggunaan obyek pajak daerah, updating monitoring dan operasi yustisi pajak daerah, updating NJOP pajak bumi dan bangunan (PBB) dan Implementasi sistem elektronik (online/e-tax) pajak daerah.

 “Kegiatan Kuliah Umum diharapkan dapat memberikan updating ketentuan terbaru dalam pajak daerah sehingga mahasiswa dapat memahami dan mengikuti perkembangan pajak daerah dengan lebih baik dan memberikan motivasi kepada mahasiswa agar menjadi wajib pajak yang taat pajak,”ungkap ketua panitia Denik Kumaladevi.