Universitas Semarang

Ikuti Workshop Pendampingan, Jurnal Humani USM Berharap Mendapat Percepatan Akreditasi Jurnal

AYANG FITRIANTI, S.S. | 29 May 2019

Surabaya - Bertempat di Hotel Ibis Style Surabaya 24-26 Mei 2019 sejumlah 61 (Enam Puluh Satu) jurnal mengikuti Workshop Pendampingan dan Percepatan Penilaian Akreditasi Jurnal yang dilaksanakan oleh Ristekdikti bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan penyamaan persepsi terkait instrumen akreditasi jurnal sesuai Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal tutur tutur Dr Sigit Hermawan, S.E., M.Si selaku ketua panitia.

Selama 3 (Tiga) hari peserta diberikan pelatihan berupa kebijakan akreditasi dan publikasi, evaluasi kesiapan substansi akreditasi bidang keilmuan, evaluasi kesiapan standar dan manajemen website bedah jurnal, pendaftaran akreditasi jurnal nasional serta penilaian jurnal. Kegiatan ini dilaksanakan atas pertimbangan bahwa sampai tahun 2018 baru terdaftar 2279 jurnal nasional terareditasi mulai dari peringkat 6 (Sinta 6) hingga terakreditasi peringkat 1 (Sinta 1). kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan aksesibilitas laman jurnal sehingga visibility dan dampak ilmiah di mesin pencari dan pengindeks Google Scholar, Scopur dan lainnya dapat meningkat.

Sementara itu Jurnal Humani diwakili oleh Agus Saiful Abib, S.H., M.H. selaku Editor in Chief. Berdasarkan penilaian  Jurnal Humani memiliki scor 67.50 atau masuk katagori 3 (Sinta 3). Penilaian akreditasi Jurnal Humani akan dilakukan oleh 2 asesor yang fokus kepada bidang keilmuan dan manajemen. Semoga dalam waktu dekat Jurnal Humani dapat memperoleh status sebagai jurnal nasional terakreditasi dari Ristekdikti dengan hasil yang memuaskan.