Universitas Semarang

KKHP USM Selenggarakan Pelatihan Hukum Perkara Perdata

AYANG FITRIANTI, S.S. | 18 October 2018

Semarang - Minggu 7 Oktober 2018 bertempat di Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang (USM) KKHP menyelenggarakan Pelatihan Hukum Manajemen Penanganan Perkara Perdata.

Acara tersebut dibagi menjadi 4 (empat) seksi dengan menghadirkan 4 Narasumber yang berasal dari lintas profesi yaitu Yosep Parera, S.H., M.H. dari unsur Advokat, Dr. (Can) Mukharom, S.HI., M.H. akademisi USM, Ags Saiful Abib, S.H., M.H. Ketua BKBH USM dan Dra. Hj. Amroh Zahidah, S.H., M.H. Hakim Pengadilan Agama Semarang. 

Dalam sambutannya Ketua KKHP yang diwakili Ade Adriansyah menyatakan pelatihan hukum perkara perdata ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang praktek penanganan perkara perdata secara komprehensif.

Acara Pelatihan Hukum Perkara Perdata dihadiri 191 mahasiswa  yang berasal dari Universitas Semarang (USM) Universitas Diponegoro (Undip) Universitas Negeri Semarang (UNNES) Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo), dan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang (Untag Semarang).

Dalam kegiatan tersebut Yosep Parera, S.H., M.H. mengemukakan penerapan hukum oleh aparatur penegak hukum baik advokat jaksa maupun hakim selayaknya mampu menciptakan keIndonesiaan yang majemuk, sehingga masyarakat dapat hidup nyaman tentram dan sejahtera. 

Dr. (Can) Mukarom dalam pemaparannya menyampaikan tentang mediasi yang terdapat di pengadilan maupun di luar pengadilan, mediasi bertujuan untuk mendamaikan para pihak dengan mengambil solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak. Sementara itu, Agus Saiful Abib, S.H., M.H. dalam materinya menyampaikan pentingnya penguasaan hukum acara perdata dan mempersiapkan alat bukti di pegadilan dalam menyelesaikan perkara yang ditangani.  

Pemateri terakhir menyampaikan alat bukti dalam persidangan perdata serta pertimbangan hakim dalam memeriksa dan memutus sengketa di pengadilan tutur Dra. Hj. Amroh Zahidah, S.H., M.H.