Universitas Semarang

Mahasiswa Sistem Informasi Bikin Aplikasi UMKM

Saiful Hadi | 03 July 2018

Mahasiswa Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) membangun aplikasi berbasis web untuk beberapa mitra dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baru-baru ini.

Kegiatan ini dilakukan oleh sebelas kelompok mahasiswa Sistem Informasi USM angkatan 2016 dalam rangka tugas akhir mata kuliah desain dan pemrograman web. Beberapa pelaku usaha yang menjadi mitra pelaku usaha yaitu Kopi Tarik Ungaran, Klinik BMS Majapahit, Koperasi, Bengkel Mobil, dan lain-lain.

“Ada belasan aplikasi berbasis web yang dihasilkan mahasiswa sistem informasi USM, semua dibuat dalam satu smester dan aplikasi ini telah diserahkan ke mitra dan pelaku UMKM” kata dosen mata kuliah desain dan pemrograman web Agusta Praba Ristadi Pinem MKom.

Agusta menambahkan proyek mata kuliah yang diampunya tersebut sengaja memilih mitra  para pelaku UMKM karena mereka sangat membutuhkannya untuk menunjang produk yang dihasilkan yang selama ini mereka terkendala dengan teknologi informasi.

“Dengan bertemu mitra, maka mahasiswa akan belajar menerjemahkan kebetuhan user, proses bisnis ke dalam sebuah program berbasis web. Ini menjadi pengalaman mahasiswa berinteraksi langsung dengan calon user atau pengguna sistem yang mereka bangun” terangnya.

Mahasiswa merancang dan membangung aplikasi web berdasarkan proses bisnis masing-masing mitra yang diajak kerja sama. Aplikasi web untuk pemesanan percetakan, inventori, informasi jatuh tempo pembayaran PBB, pendataan stok, daftar pengunjung klinik dan aplikasi kasir.

Proses pembuatan diawali dengan wawancara, analisa sistem, perancangan dan implementasi dilakukan selama satu semester dan serah terima pada tanggal akhir Juni kemarin. Setiap kelompok wajib mencari dan menentukan mitra yang nantinya akan dibangunkan sebuah aplikasi web, masing-masing kelompok melakukan wawancara untuk memperoleh data-data, proses bisnis dan kebutuhan sistem.

Kemudian data yang diperoleh didiskusikan untuk selanjutnya dianalisa dan memulai proses perancangan. Setelah aplikasi web selesai maka setiap kelompok melakukan serah terima ke masing-masing mitra untuk selanjutnya dilakukan pengujian dan implemetasi. Sehingga diharapkan aplikasi web yang dibangun dapat membantu mitra untuk proses operasional sehari-hari.

Beberapa mitra mengaku terbantu dengan aplikasi yang dibangun, bahkan salah satu mitra yaitu Kopi Tarik Ungaran bersedia untuk mengimplementasi dan memberikan fee untuk dapat menambah beberap fitur.

“Dengan adanya projek ini, maka mahasiswa mempunyai pengalaman untuk berinteraksi langsung dengan mitra, dan menerjemahkan kebutuhan sistem” tutur Amelia salah satu mahasiswa Sistem Informasi USM.