Universitas Semarang

Mahasiswa USM Rancang Database dan Pemodelan UML Untuk Penggajian Perusahaan

AYANG FITRIANTI, S.S. | 22 July 2019

Analisa Sistem Penggajian dengan Perancangan Database dan Pemodelan UML

 Semarang - Mahasiswa Universitas Semarang (USM) melakukan analisa terhadap sistem penggajian di CV Jaya. Mereka adalah Ganang Setyo Ajie, Muhammad Rifai, Johan Santoso, Nila Irmasari dan Sarah Afifah.

Dalam analisa tersebut, mahasiswa menggunakan pemodelan struktur database dan Unified Modeling Language (UML).

UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem program berorientasi objek. Di dalam UML sendiri terdiri dari UseCase, Activity Diagram, Sequence, Class Diagram dan sebagainya. Di dalam UseCase terdapat aktor atau disebut pelaku sistem, dalam sistem penggajian ini admin lah yang menjadi aktor sistem.

Sarah Afifah mengatakan, dari penjelasan admin, pihaknya menggambarkan ke dalam bentuk UseCase dilanjut membuat skenario, sequence, activity diagram dan yang terakhir class diagram.“Pertama yang dilakukan itu input data para karyawan, hitung gaji, terus buat laporan, kemudian cetak” ujar Galih selaku admin CV Jaya.

“Setelah selesai membuat pemodelan UML, langkah selanjutnya adalah pembuatan struktur database yang berupa ERD(Entity Relationship Diagram) dan tabel-tabel lainnya,” katanya.

Di dalam perancangan struktur database itu sendiri terdapat beberapa langkah dalam pembuatannya. Salah satunya algoritma pemrograman yang menjelaskan bagaimana alur program yang dibuat.

“Kami juga membuat desain tampilan untuk sistem penggajian dengan sangat praktis dan simpel, yang bertujuan agar admin mudah melakukan proses input data dan tidak membutuhkan waktu yang lama.