Universitas Semarang

Memperingati Hari Santri Nasional, FTIK USM Gelar Pelatihan 3D Augmented Reality dan E-Learning Bersama MA Al Wathoniyyah

AYANG FITRIANTI, S.S. | 29 October 2019



Semarang  - FTIK (Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi) USM (Universitas Semarang) baru saja menggelar Pelatihan 3D Augmented Reality dan E-Learning bersama MA Al Wathoniyyah Semarang untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada bulan Oktober ini. Pelatihan digelar Sabtu, 26 Oktober 2019 di Laboratorium Komputer FTIK USM.

Diikuti sekitar 80 (Delapan Puluh) siswa MA Al Wathoniyyah, pelatihan ini memberikan pengetahuan bagi siswa untuk membangun karya 3D berbasis Augmented Reality dan E-Learning yang merupakan teknologi pembelajaran jarak jauh. Pembicara FTIK USM dalam kegiatan ini dibagi menjadi 2 (dua) tim. Untuk pelatihan 3D Augmented Reality dibawakan oleh Basworo Ardi Pramono, Febrian Wahyu Christanto, dan Susanto. Sedangkan untuk pelatihan E-Learning dibawakan oleh Rastri Prathivi dan Atmoko Nugroho.

Disela-sela pelatihan Basworo mengatakan, “Selain harus belajar ilmu agama, Santri sekarang ini juga harus melek teknologi, apalagi sekarang sudah jamannya Augmented Reality. Peringatan Hari Santri Nasional 2019 ini sangat cocok untuk mengajarkan Santri-santri terkait dengan teknologi terkini”. Hal ini diamini pula oleh Rastri Prathivi selaku pembicara pelatihan E-Learning. “E-Learning sangat dibutuhkan di dunia pendidikan saat ini untuk mendukung pembelajaran seperti pengunduhan materi, pengiriman tugas siswa, dan pembuatan nilai. Sudah saatnya Santri juga menikmati perkembangan teknologi ini”, kata Rastri.

Said Ali Setiyawan selaku guru pendamping siswa MA Al Wathoniyyah dalam kegiatan sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka Hari Santri. “Semoga dengan pelatihan ini akan terwujud kerjasama antara sekolah kami dengan USM. Dan semoga akan banyak Santri-santri kami yang melanjutkan pendidikan di kampus ini”, tutup Said.