Universitas Semarang

Tak Kenal Maka Tak (5)Wayang Ilkom USM

AYANG FITRIANTI, S.S. | 22 July 2019

Semarang - Mahasiswa/i Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom FTIK USM) menggelar kegiatan kampanye Komunikasi Budaya baru baru ini di CFD Simpang Lima Semarang.

Dengan mengadakan acara kampanye Komunikasi Budaya, mahasiswa ingin mengajak semua orang untuk mengenal lebih banyak lagi tentang budaya yang ada di Indonesia

Mengangkat tema  “TAK KENAL MAKA TAK (5)WAYANG” acara ini bertujuan memperkenalkan kembali tokoh wayang pandawa lima kepada para pengunjung CFD sekaligus dalam rangka menyelesaikan tugas kuliah Komunikasi Budaya pada Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Semarang.

Hamdil dan teman temannya mengambil tema wayang pada campaign ini untuk mengingatkan kembali karakter tokoh wayang pandawa lima yang sudah mulai banyak di lupakan orang.

Selain menggelar kampanye kegiatan ini juga di isi dengan melukis bersama tokoh wayang Pandawa Lima. Banyak pengunjung CFD terutama anak-anak tertarik untuk mengikuti kegiatan melukis bersama ini.

Hamdil menambahkan tidak menutup kemungkinan ia dan kawan-kawan bisa menggelar kegiatan melukis wayang kembali dengan skala yang lebih besar dan luas lagi untuk menunjukan bahwa tokoh wayang tidak kalah menarik nya dengan tokoh-tokoh super hero buatan luar negri.

”karena kalau bukan kita yang melestarikan budaya kita sendiri, siapa lagi ? ” ujar Hamdil.

Selain itu Hamdil dan kawan kawan juga menyampaikan bahwa Wayang pada hakikatnya merupakan sumber media komunikasi untuk menyebarkan pesan kepada elemen masyarakat di zaman dahulu yang lambat laun dengan berkembangnya teknologi ,wayang otomatis jarang digunakan.

“Namun demikian wayang sebenarnya memiliki suri tauladan bagi generasi muda sesuai dengan nilai kepribadian budaya Jawad an memberikan contoh penanaman budi pekerti serta bakti kepada orang tua dan rasa saling menghargai antar sesama, nah ini sesungguhnya yang ingin kita kampanyekan.” Tambah Hamdil