Universitas Semarang

FTIK USM Serahkan Alat Sensor Suhu Berbasis IoT ke PTPN IX

AYANG FITRIANTI, S.S. | 12 September 2018


Semarang – Universitas Semarang (USM) kembali berkarya, kali ini melalui salah seorang mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) yaitu Choirul Anwar.

Hasil inovatif Choirul Anwar yaitu alat sensor suhu berbasis IoT (Internet of Things).

Alat sensor suhu yang merupakan pengembangan dari penelitian Tugas Akhir (TA) di USM ini digadang gadang akan sangat membantu masyarakat.

Seperti sekretaris PTPN IX Wahyudi, S.E., MM. dan Kabag Teknik Pengolahan PTPN IX Sigit Sujatmoko, S.P. yang menerima secara langsung alat sensor suhu berbasis IoT (Internet of Things) hasil kreativitas Choirul Anwar pada 6 September lalu

Alat sensor suhu ini akan membantu  PTPN IX dalam memantau suhu pada Rumah Asap Kebun PTPN IX Karangjati, Ungaran.

Rumah asap sendiri sangat tergantung pada suhu ruang yang diberikan, karena suhu mempengaruhi kualitas lembaran karet mentah.

Selama 5 hari lembaran karet mentah diasap untuk menghindarkan hasil karet dari bakteri, menjaga intensitas kekuatan karet, dan tentu saja elastisitas karet.

Dalam acara penyerahan alat ini Choirul didampingi oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Susanto, M.Kom dan Ketua Program Studi Teknik Informatika USM April Firman Daru, M.Kom. yang juga sebagai dosen pembimbing.

 “Dengan adanya alat sensor suhu berbasis IoT (Internet of Things), maka memudahkan pihak PTPN dalam memantau suhu rumah asap,” tutur Wahyudi S.E., MM. selaku Sekretaris PTPN IX.

Selanjutnya Kabag Teknik Pengolahan PTPN IX Sigit Sujatmoko, S.P. menanggapi dengan sangat baik karya inovatif mahasiswa TI USM ini.

“Kami dari PTPN IX sangat terbuka dan sangat welcome dengan karya-karya mahasiswa yang seperti ini dan semoga kerjasama PTPN IX dan USM selalu berkesinambungan dengan adanya karya-karya inovatif lain dari mahasiswa USM untuk PTPN IX.

Karena IoT (Internet of Things) merupakan tren teknologi di era modern ini, kedepan FTIK USM yang merupakan induk dari Teknik Informatika akan semakin giat menghasilkan karya inovatif berbasis IoT (Internet of Things) untuk melanjutkan kerjasama dengan PTPN IX, dan harapan ke depan dapat membantu organisasi maupun dinas lain,” tutup Dekan FTIK USM Susanto, M.Kom.(*)