Universitas Semarang

Andy Kridasusila Rektor Baru USM

Redaksi Universitas Semarang | 01 November 2017


SEMARANG – Setelah melalui proses penjaringan Rektor  Universitas semarang  (USM) yang sangat panjang, dilanjutkan pemaparan visi dan misi, secara resmi Andy Kridasusila SE MM dilantik sebagai Rektor USM periode 2017-2021 menggantikan Prof Dr H Pahlawansjah Harahap SE ME di Auditorium Ir Widjatmoko pada (31/10) kemarin.

Acara ini dinilai sangat efektif mengingat pemilihan, penetapan dan pelantikan diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan termasuk para wakil rektor yaitu Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psiklog sebagai Wakil Rektor I, Dr Ir Sri Budi Wahjunigsih MP sebagai Wakil Rektor II, dan Dr M Chaerul Latief Msi sebagai Wakil Rektor III.

Dalam sambutan Prof Dr H Muladi SH selaku Ketua  Pembina Yayasan Alumni Undip menyampaikan bahwa Rektor dipilih atas dasar kepercayaan yang rasional dan harus tetap menjadi pedoman moral dari civitas akademika. Rektor tidak berpolitik praktis di kampus tetapi harus sadar politik yang berkembang di negara ini. Rektor harus mempelopori sifat toleransi dan anti radikalisme, kampus harus mendemonstrasikan keberagaman dan kebhinnekaan tunggal ika.

“Pada umumnya perguruan tinggi sulit dalam mencari mahasiwa, namun USM mampu menjadi leader sebagai PTS dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Jawa Tengah setelah UMS Surakarta.  Kita upayakan untuk tahun 2025 nanti, USM bisa memiliki 25 program studi serta mengupayakan kenaikan akreditasi” tambahnya.

Sementara Koordinator Kopertis VI  Prof Dr DYP Sugiharto menyampaikan visi USM yang dijanjikan kepada pemerintah pada tahun 2023 adalah menjadikan USM sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan SDM yang berkualitas, berkarakter, mengembangkan dan menciptakan IPTEKS yang berwawasan lingkungan sesuai dengan pembangunan nasional dan perkembangan masyarakat baik regional maupun global.

Selain itu, Sugiharto juga menyampaikan beberapa cacatan penting kepada Rektor baru USM antara lain, memperkuat leadership secara kolektif, penguatan tata kelola SDM dan budaya mutu yang efektif dan efisien, menjaga dan mengembangkan kampus yang harmonis, sehat, bermutu dan unggul, statuta dan rencana induk perkembangan perguruan tinggi, melakukan tri dharma secara akuntable”  ungkapnya.

Dosen dan mahasiswa, memiliki dan menguatkan sistem penjaminan mutu internal, tidak memiliki konflik internal, tidak melakukan pembelajaran kelas jauh, serta melaporkan seluruh data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi 1 tahun 2 kali.

Dalam kurun waktu satu atau dua tahun kedepan USM menjadi salah satu perguruan tinggi yang diproyeksikan kopertis untuk memperoleh akreditasi A” tambahnya.

Selaku Rektor baru USM Andy Kridasusila mengatkan upaya yang kita lakukan saat ini adalah memprioritaskan masalah yang harus diselesaikan. Bukan hanya jumlah mahasiswa yang meningkat namun juga sumber daya, sarana dan prasarana juga kami tingkatkan khususnya jumlah dosen dan guru besar. 24 indikator akan kami siapkan untuk memenuhi indikator peningkatan akreditasi tersebut.

“Selain mengupayakan pembukaan Fakultas Kedokteran, kami juga mengupayakan tiga program studi baru yakni keolahragaan, pariwisata serta bahasa .inggris sebagai penunjang kebutuhan masyarakat” tambahnya.

“untuk mewujudkan visi dan misi USM kedepan dibutuhkan langkah sigap mempersiapkan, melaksanakan dan memenuhi standar nasional pendidikan perguruan tinggi SN DIKTI yang terdiri dari 8 standar dharma penelitian, 8 standar pendidikan dan 8 standar pengabdian kepada masyarakat” terangnya.