Universitas Semarang

Diskusi Panel Magister Hukum USM & DPC Peradi Semarang

AYANG FITRIANTI, S.S. | 20 March 2018

Semarang - DPC Peradi Semarang bekerja sama dengan Magister Hukum USM akan mengadakan diskusi panel bertema ‘’Pro Kontra Permenkumham No 1 Tahun 2018 tentang Paralegal dalam Pemberian Bantuan Hukum’’ di lantai 6 Gedung Kedokteran USM, Jl Soekarno-Hatta, Baru-baru ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh 325 dari DPC Peradi Semarang dan Magister Hukum USM, acara yang dibuka oleh Wakil Rektor I Prof Dr Dra Hardani Widhiastuti MM Psikolog ini menghadirkan narasumber Pemateri Dr Muhammad Junaidi SHI MH selaku Akademisi/ Dosen Hukum USM dan M Reza Kurniawan SH selaku Ktua PERADI Semarang, Zainal Arifin S HI selaku Direktur LBH Semarang – YLBHI dan Nurwita Kusumaningrum SH MH Selaku Kemenkumham Kanwil Semarang serta dimoderator oleh Nunung Nurhadi SH.

“Kedepannya USM akan selalu memfasilitasi sampe terjadinya titik terang bahkan sampe usulan ke kementerian,” Hardani Widhiastuti selaku WR I USM.

M Reza Kurniawan SH mengatakan Bahwa perlu adanya perbaikan system antara kemenkumham dengan organisasi advokat atau lembaga bantuan hukum dalam pelaksanaannya dan memaksimalkan peran advokat dalam pelaksanaannya kegiatan bantuan hukum agar masyarakat pencari keadilan dapat bener-bener merasakan manfaatnya.

“Bahwa perlu adanya standarisasi perekrutan paralegal dan batasan fungsi serta kewenangan antara advokat dan paralegal, agar tidak terjadinya keracunan dan tumpang tindih dalam pelaksanaannya,”tambahnya.