Universitas Semarang

Halau Abrasi, Mahasiswa FTIK Tanam Mangrove

Saiful Hadi | 10 July 2018

SEMARANG- Saat ini tidak banyak masyarakat Indonesia yang peduli terhadap alam. Salah satu contohnya adalah meningkatnya tingkat kerusakan cagar alam dan maraknya bencanya karena ulah manusia. Berlatar belakang itulah mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi FTIK USM merasa terpanggil untuk melakukan suatu kegiatan 

pengabdian masyarakat dengan menanam 3000 pohon mangrove di pesisir Pantai Mangunharjo, Tugu, Semarang pada Sabtu (7/7).

 

Kegiatan yang  melibatkan 200 mahasiswa dari Program studi Sistem Informasi dan teknik Informatika ini juga didampingi sejumlah dosen pendamping dan didukung oleh Djarum Trees for Life dan masyarakat sekitar pantai.
Penanaman pohon mangrove ini diharapkan dapat mengatasi masalah abrasi yang ada di pantai sebagaimana menurut penuturan warga sekitar.

“Kegiatan penanaman mangrove seperti ini sangat penting bagi masyarakat di sekitar daerah pantai karena selain untuk mencegah abrasi di pantai, kelestarian akan ikan di daerah inipun juga akan terjaga, dan itu sangat dibutuhkan masyarakat disini” tutur Sururi warga sekitar Pantai Mangunharjo. 

Menurut Agusta salah satu dosen pendamping dari Progdi Sistem Informasi bahwa saat ini tidak banyak masyarakat yang peduli terhadap alam, salah satunya adalah meningkatnya kerusakan cagar alam maraknya bencana karena ulah manusia. Karena itu USM melakukan pengabdian masyarakat dengan  menanam bakau agar bisa bermanfaat bagi warga sekitar pantai dari bahaya abrasi.

Sementara Febrian Wahyu Christanto selaku dosen pendamping progdi teknik Informatika. menambahkan Secara keseluruhan acara berjalan lancar dan kami dari Teknik Informatika berharap acara tanam mangrove ini dapat bermanfaat suatu saat nanti. Semoga apa yang sudah kita jalankan ini akan berpengaruh pula bagi masyarakat sekitar Pantai Mangunharjo.