Universitas Semarang

Kontingen Bali Juara Umum Kejuaran Pencak Silat di USM

Saiful Hadi | 09 July 2018

SEMARANG- Sejumlah 38 atlet dari Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa Bali sukses memboyong tiga Piala Juara Umum dalam ajang kejuaraan USM Pencak Silat Championship 2018 Tingkat Nasional pada 6 s/d 8 Juli di Gelora Prof Sudarto Universitas Semarang (USM).

Menurut Rektor USM Andy Kridasusila SE MM bahwa kejuaraan  ini sebagai ajang mengukur kemampuan peserta dalam mengembangkan bakat yang mendorong mereka untuk menjadi atlet yang berprestasi baik tingkat nasional hingga internasional.

“Kami berkerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Semarang mendukung penuh atas kompetisi Nasional ini, sehingga kami bisa menyaring bibit-bibit yang berkompeten dalam olahraga Pencak Silat yang siap bertanding dalam berbagai kompetisi” tutur Andy.

“Jika anda mau berprestasi, maka hati, akal, fisik dan komitmen harus diperhatikan. Harapannya, dari kompetisi ini para atlet nasional mampu melaju ke tingkat Internasional di ajang sea games mendatang” tegasnya.

Kejuaraan yang diikuti 771 peserta mulai dari SD/SMP/SMA dan Perguruan Tinggi dari berbagai provinsi ini menjadi ajang panen prestasi para pesilat PPS  Kertha Wisesa dari Pulau Bali. Dengan semangat dan ambisi yang kuat para atlet mampu membawa pulang 51 medali dari semua kategori.

Adapun medali yang diraih berupa 10 Emas, 2 Perak, dan 3 Perunggu (tingkat SD). 9 Emas, 4 Perak dan 2 Perunggu (tingkat SMP) serta 7 Emas, 1 Perak dan 1 Perunggu (tingkat SMA). Sedangkan pada Perguruan Tinggi meraih 2 Emas.

”Sebenarnya kita tidak pernah mengira bisa meraih juara umum pada kompetisi ini, apalagi ini kali pertamanya kami mengikuti ajang nasional diluar pulau. Kami hanya selalu berusaha memberikan penampilan terbaik melalui kerja keras dan latihan rutin” terang Gede Suwardani, salah satu official PPS  Kertha Wisesa.

“Ada tiga hal yang sering kita latih pada para atlet yaitu latihan fisik, mental dan keahlian sehingga hal ini mungkin menjadi bekal kuat mereka ketika menghadapi lawan” tambahnya.

Sementara I Kadek Jati Diantara P, salah satu atlet kategori perguruan tinggi dari PPS itu mengaku tidak menyangka bisa meraih medali emas dalam pertandingan ini. Semangat dan ambisi untuk menjadi juara dilakukan menjadi motivasi terkuat mereka. Selain itu, motivasi dan dukungan dari masyarakat Bali juga menjadi penambah semangat juang mereka selama bertanding.

Adapun PPS yang berada dibawah posisi PPS  Kertha Wisesa yakni MP Jatisari BSB Semarang dan Tapak Suci Kota Semarang unutk cabang SD. Sedangkan untuk cabang SMP ada SMP N 2 Weleri dan Pusdiklat Sherapats Kendal Jati, serta cabang SMA ada CJI Pasuruan jatim dan Lawang.