Universitas Semarang

Kopima - Kementrian Koperasi dan UKM RI Gelar Seminar

Saiful Hadi | 16 October 2019


SEMARANG- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopima) Universitas Semarang (USM) mengadakan Seminar Gebyar Pendidikan Anggota ke-II dengan tema Menciptakan Generasi Milenial Yang Berani Berwirausaha Dan Memiliki Jiwa Koperasi yang diadakan di Aiditorium Ir Widjatmoko USM (15/10).

Kegiatan ini diikuti oleh 600 peserta yang berasal dari mahasiswa USM, Politekkes Semarang, Kopima UIN Walisongso, Kopima IAIN Salatiga, Kopima Upgris, Kopima Bank BPD Jateng, dan umum.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rulli Nuryanto SE MSi (Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Koperasi dan UKM RI) di damping oleh Wakil Rektor (WR) III USM Ir Supoyo MT.

Rulli yang membuka acara juga sekaligus menjadi Key Note Speaker menyampaikan tentang Koperasi yang ada di Indonesia saat ini dan isu-isu yang terjadi saat ini.
Selanjutnya sambutan WR III USM yang mengaku bahwa sangat bangga dengan diadakannya seminar dan berharap agar kopima USM lebih maju dan lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Selain itu Enggiy Irfan Bachtiar selaku Ketua Umum UKM Kopima USM juga berharap agar mahasiswa USM lebih sadar akan pentingnya peranan aktif koperasi khususnya kopima, karena di kopima itu tidak melulu berjualan tetapi bagaimana bisa mensejahterakan anggota dan mahasiswa USM lainnya.

Sementara ada 3 narasumber yang diundang dalam acara seminar yaitu Bima Kartika SH MH (Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah), Ajay (Founder Blazbluz dan Praktisi Facebook Marketing) serta Wahyu Liz Adaideaja (Owner Adaideaja Corp) yang dimoderatori oleh Tatas Transinata SPd MPd (Dosen USM).
Bima Kartika SH MH (Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah) menyampaikan Industri 4.0 dan pengetahuan dasar tentang koperasi serta bagaimana caranya mencapai tujuan yang diinginkan, selain itu juga memberikan penjelasan tentang manfaat koperasi yang anak muda jaman sekarang kurang mendalaminya dan juga merubah cara pandang anak muda jaman sekarang.

Selain itu Ajay (Founder Blazbluz dan Praktisi Facebook Marketing) lebih berbagi tentang pengalaman yang selama ia jalani yang dulu ajay juga pernah membuka warung bakso hingga menjadi founder di blazbluz.
Ajay juga mengaku bahwa awal karirnya juga jatuh bangun tetapi sebagai wirausahawan harus siap mengambil resiko dan selalu semangat setiap saat.

Sementara Wahyu Liz Adaideaja (Owner Adaideaja Corp) juga mengaku hampir sama dengan apa yang dialami ajay dimana disitu ada kemauan pasti ada perjuangan yang harus dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkan.