Universitas Semarang

LBH FH USM Beri Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Secara Cuma-Cuma

AYANG FITRIANTI, S.S. | 09 May 2019

Semarang - Sabtu, 4 Mei 2019 baru baru ini bertempat di Desa Pengkol Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tim BKBH FH USM yang terdiri dari Ketua Agus Saiful Abib, Dian Septiandani dan Tri Mulyani memberikan penyuluhan hukum yang mengangkat tema "Peran Lembaga Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Secara Cuma-Cuma". acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang prosedur permohonan bantuan hukum secara cuma-cuma oleh lembaga bantuan hukum.

Dalam materinya Agus Saiful Abib menyampaikan tentang permohonan bantuan hukum dapat dilakukan dengan pengajuan/permohonan tertulis/lisan dengan disertai kartui identitas dan surat keterangan tidak mampu. dalam hal surat keterangan tidak mampu pemohon tidak memilikinya maka dapat digantikan dengan KIS, KIP atau surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Adapu penanganan perkara BKBH dapat memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma dalam perkara pidana, perdata dan tata usaha negara.

Dalam kesempatan ini masyarakat Desa Pengkol sangat mengapresiasi kegiatan ini mengingat masih terdapat banyak masyarakat yang tidak faham tentang hukum dan cara penyelesaiannya apabila bersengketa. Harapan masyarakat agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan sekali namun perlu tindak lanjut dikemudian hari agar menjadikan masyarakat Desa Pengkol menjadi sadar hukum sehingga dapat memproteksi diri sendiri agar tidak memiliki masalah dengan hukum.