Universitas Semarang

Magister Hukum USM Gelar Kuliah Umum Post-Truth

AYANG FITRIANTI, S.S. | 12 September 2019

Semarang – Banyak yang menganggap Post Truth adalah masalah sepele dimana mereka hanya mem-Post apa yang mereka ingin kan,  tanpa mengetahui kebenaran yang Posting itu sendiri. Hal itu lah yang membuat Magister Hukum Universitas Semarang (USM) gelar Kuliah Umum dengan tema membangun “Negara Hukum di Era POST-TRUTH”

Acara yang dilakukan pada hari selasa (10/9) di gedung V Universitas Semarang (USM) ini mendatangkan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republiok Indonesia 2003-2008 dan juga Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie. S.H. sebagai Narasumber.

Dalam penjelasnnya Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie. S.H. menyampaikan tidak mudah mengubah perilaku seseorang untuk mencari tau dulu fakta-fakta yang terkait dalam sebuah postingan bukan langsung menyebar postingan tersebut.

“Masyarakat kita sering kali menyebar hal-hal yang belum tentu kebenarannya padahal satu postingan tersebut akan berdampak sangat luas”. Ujarnya di depan puluhan peserta Kuliah Umum.

Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie. S.H. juga mengajak para peserta Kuliah Umum untuk lebih teliti dan berhati hati saat memposting atau merepost sebuah hal yang belum diketahui kebenarannya dimedia digital seperti ini. (DR)