Universitas Semarang

Mahasiswa Akutansi & Manajemen Mengikuti Pelatihan Micro Business Simulation

AULIA ADE HANISA, S.E. | 30 May 2018

Semarang – Universitas Semarang (USM) bekerjasama dengan Bank Jateng menggelar Pelatihan Micro Business Simulation. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 26-27 Mei 2018 di Ruang Sidang Utama lantai 2 Jl Soekarno – Hatta. Sebanyak 17 peserta mahasiswa Akutansi & Manajemen mengikuti pelatihan tersebut.
Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. Mochamad Chaerul Latief, M Si ini menghadirkan narasumber dari Bank Jateng  Cabang Utama Imam Dwi Harmanto, SE MM. 
Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor III USM menyampaikan kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan sangat berharap untuk bisa menerapkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini agar nantinya mata kuliah micro business di aplikasikan dalam sebuah teori.
Tujuan dari Acara tersebut digelar untuk memahami pemikiran dan cara berwiraswasta dan menerapkannya melalui simulasi serta memahami prinsip-prinsip Akutansi dan pengendalian dan menggunakan alat-alat keuangan yang sederhana proses simulasi.
Dalam simulasi/praktek pencatatan keuangan, peserta mengaku pelajaran yang masih mudah adalah saat pengelompokkan setiap pos dari masing-masing transaksi. Meski untuk langkah selanjutnya ketika dituangkan ke dalam jurnal umum masih mengalami kebingungan. Belum lagi setelah masuk ke buku besar, neraca, maupun laba/rugi.
“Dengan pelatihan simulasi ini, diharapkan para peserta mahasiswa USM bisa menerapkan ilmu yang didapat dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang dimilikinya,”Ujar Imam.