Universitas Semarang

PJI Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditas

AULIA ADE HANISA, S.E. | 16 April 2018

SEMARANG – Pengelola Jurnal Ilmiah (PJI) Universitas Semarang (USM) menggelar Workshop yang dilaksanakan selama 2 hari pada 12-13 April di Lantai 6 Fakultas Kedokteran USM.
Kegiatan yang bertemakan “Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditas” ini dihadiri dosen muda dan dibuka oleh Rektor USM, Andy Kridasusila SE MM.
Rektor USM, Andy Kridasusila SE MM., dalam sambutannya mengatakan, dengan memiliki jurnal scopus dan thomson dampaknya luar biasa bagi kemajuan jurnal di perguruan tinggi dimana pun maupun di USM sendiri.
Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Pengelola Jurnal Agrivita Universitas Brawijaya (Jurnal Terindeks Scopus & Thomson) Dr. Agr Hagus Tarno, Prof Kuswanto, Syahrul Kurniawan, Ph D dan Silvia Santi Wahyuni.
Adapun materi yang disampaikan seperti Strategi Akreditasi Jurnal Nasional, Indeksasi Jurnal Nasionl dan Internasional, Strategi penulisan artikel untuk publikasi dan Plagiasi dalam penulisan artikel publikasi.
Dr. Agr Hagus Tarno mengatakan Ada 10 tahapan fasilitas minimal pengelolaan jurnal : Pembentukan sekretariat jurnal, Pendaftaraan E-ISSN, Instalasi dan pembuatan E-Journal (WEB), Pelatihan OJS, Promosi Jurnal, Penerimaan naskah, Pemilihan mitra bestari, Penelaahan, Pendaftaraan ke IPI/Portal Garuda dan Pendaftaraan Sinta.