Universitas Semarang

Permudah Proses Bisnis, Ulfah Bantu UMKM

Saiful Hadi | 12 July 2018

SEMARANG-  Ulfah Muyasaroh mahasiswa Progdi Sistem Informasi Universitas Semarang (USM) memberikan bantuan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa pelatihan penggunaan Web-ERP untuk membantu proses bisnis terutama dalam hal Persediaan dan Produksi baru-baru ini.

Ulfah didampingi tiga mahasiswa  lain yaitu Mustagfirin Prasanta Burhan Sidqi, Hendy Tri Prayogo, Fina Alfiyatur sebelumnya melakukan kunjungan ke Limpad Computer untuk mengenalkan Web-ERP.

Limpad Computer yang merupakan tempat service komputer yang beralamat Jl. Menteri Supeno I no 34 Semarang selama ini melakukan proses bisnisnya dengan manual saat ini terbantu dengan adanya Web-ERP yang dikenaln oleh mahasiswa USM.

Pemilik dari Limpad Computer, Muhammad Iqbal mengawali usaha ini sejak tahun 1998 dan berjalan seperti biasa dan tidak menggunakan Web-ERP.

 “Awalnya usaha ini merupakan rental pengetikan tetapi lama kelamaan banyak orang yang meminta tolong untuk meperbaiki komputer atau laptop mereka, sehingga usaha ini akhirnya berubah menjadi jasa perbaikan komputer pada tahun 2003,” tutur Iqbal.

Iqbal menambahkan sangat berterima kasih karena sudah diperkenalkan tentang  Web-ERP, karena selama ini pengelolaan persediaan hanya menggunakan Microsoft Excel bahkan terkadang hanya ditulis dalam buku catatan saja.

 “Dengan adanya  Web-ERP pengelolaan persediaan spare part dan proses bisnis  kedepannya bisa jadi lebih terorganisir” tambahnya.

Keempat mahasiswa ini  melakukan pengenalan dan pelatihan Web-ERP ke Limpad Computer guna memenuhi tugas mata kuliah Pemrograman Aplikasi Bisnis yang diampu oleh Astrid Novita Putri MKom.

Menurut Ulfah Muyasaroh dengan tugas ini  kami berharap dengan adanya pengenalan dan  pelatihan tentang Web-ERP dapat membantu proses bisnis di Limpad Computer untuk kedepannya.

“Harapan kami untuk pelaku UMKM lainnya bisa mengikuti jejak Limpad Computer agar UMKM di Kota Semarang bisa berkembang” tambahnya.