Universitas Semarang

FTIK USM Kenalkan Media Digital Untuk Desain Bordir & Sablon Bagi Siswa SMK Jurusan Tata Busana

AYANG FITRIANTI, S.S. | 20 November 2019

Semarang -  Titis Handayani, S.Kom, M.Cs, Agusta Praba Ristadi Pinem, M.Kom dan Lenny Margaretta Huizen, M.Kom , Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMK N 1 Tuntang Kabupaten Semarang. Kegiatan ini memberikan pengetahuan dan pengenalan kepada siswa dalam memanfaatkan Teknologi Informasi sebagai media desain digital pola, sablon dan bordir. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari pada tanggal  13 November 2019 dan diikuti oleh 25 peserta dari siswa SMK N 1 Tuntang, SMK NU Suruh, SMK Tarunatama Getasan dan beberapa SMK di Kabupaten Semarang.


Pelaksanaan pengabdian berupa pelatihan langsung kepada siswa untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan media desain digital. Pelatihan berlangsung selama 3 jam. Para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan ini dibuktikan dengan keaktifan siswa dalam bertanya dan mengkonsultasikan tugas yang diberikan oleh instruktur. Seluruh siswa berpendapat bahwa pelatihan ini bermanfaat bagi mereka dan 21 siswa sepakat kemampuan desain digital mereka meningkat.

Tujuan dari diselenggarakannya pengabdian ini adalah peningkatan pemanfaatan perangkat lunak sebagai media desain secara digital. Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, lulusan SMK diharapkan dapat mengikuti perkembangan terutama dibidang Teknologi Informasi. Melalui pemanfaatan TI salah satunya media desain digital, diharapkan lulusan SMK memiliki kemampuan lebih untuk berkompetisi di dunia kerja. (FW)