Universitas Semarang

Prof H Abdullah Kelib Ketua Dewan Pertimbangan ABP-PTSI

Saiful Hadi | 12 July 2018

SEMARANG- Ketua Yayasan Alumni Undip, Prof H Abdullah Kelib dilantik sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI) Jawa Tengah periode 2018-2022 di Auditorim Ir Widjatmoko Universitas Semarang (USM) pada Kamis, (12/7).

Adapun Ketua Dewan Pengurus ABP-PTSI Jateng periode 2018-2022 adalah Drs H Tjuk Subchan Sulchan. Pelantikan dilakukan dengan pengucapan sumpah dan janji pengurus yang dipandu langsung oleh Prof Dr Thomas Suyanto, Ketua ABP-PTSI pusat.

Dalam sambutannya Drs H Tjuk Subchan Sulchan yang akrab disapa Tjuk ini mengaku telah menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus ABP-PTSI Jateng sebanyak tiga periode, namun karena dorongan teman-teman pengurus ABP-PTSI, amanah tersebut kembali diterimanya dengan harapan pengurus baru bisa guyup rukun menegakkan aspirasi-aspirasi.

“Seharusnya saya ini sudah saatnya udzur, namun karena dorongan teman-teman yang lain ya sudah diterima dan guyup bareng untuk berjuang” ungkap Tjuk.

ABP-PTSI merupakan wadah dari Badan Penyelenggara Pendidikan untuk memperjuangkan eksistensinya yang telah dan akan terus memberikan sumbangan terbesar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Berawal dari kegelisahan yayasan-yayasan atau PTS yang akan dibubarkan, maka dibuatlah wadah ini yang mendorong semangat juang untuk mendapatkan dorongan dari semua pihak baik Kemenristek Dikti maupun yang lain.

“Dulu ABP-PTSI tidak dianggap pemerintah, namun dengan semangat jihad fii sabilillah kami mendirikan PTS-PTS dengan latar belakang misi masing-masing hingga bisa eksis sampai sekarang Seperti kita lihat USM sekarang menjadi perguruan tinggi terbesar di Semarang” ujarnya.

“ Saat ini keberadaan kami menjadi sangat dipertimbangkan oleh Kemenristek Dikti, bahkan sekarang Kemenristek tidak mau mendengarkan tanpa turun tangan dari ABP-PRSI” tandas Tjuk.

“Menyadari betapa beratnya amanah yang diberikan kepada kepengurusan yang baru terbentuk ini, namun kami yakin tetap optimis akan mampu menggembannya dengan baik. Kami yakin, bila semua pihak membantu tugas-tugas kami, semua program yang telah dibuat akan dapat terlaksana dengan baik. Dan organisasi yang kuat ini memperjuangkan kepentingan bersama” tegasnya.

Adapun setelah pelantikan pengurus baru dilanjutkan dengan diskusi panel oleh narasumber Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Muladi SH (Antisipasi Ancaman Terorisme dan Radiklisme), Koordinator Kopertis VI, Prof DYP Sugiharto MPd (Pengembangan dan Keberlanjutan PTS) dan an Prof Dr Thomas Suyatno (Ketua ABP-PTSI Pusat).