Universitas Semarang

Progdi SI USM Ajak Mahasiswa Berwirausaha dengan Memanfaatkan Teknologi

AYANG FITRIANTI, S.S. | 07 December 2017

Semarang - Program Studi Sistem Informasi (SI) Universitas Semarang (USM) mengadakan Technobiss Talkshow kewirausahan yang bertemakan “ Pemanfaatan Teknologi dalam Dunia Usaha”, Selasa (6/12/2017) di Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang.

B. Natalia Sari Pujiastuti, S.Psi, M.Si yang lebih dikenal dengan nama Naneth Ekopriyono pemilik Trasy Handycraft dan  Bebek Rempah Semarang sebagai narasumber dalam talkshow ini mengajak mahasiswa untuk menjadi entrepreneur.

“Menjadi entrepreneur tidak harus terjun langsung dalam proses produksi, kita dapat memanfaatkan teknologi untuk untuk menjadi entrepreneur dalam kesuksesan berbisnis,” demikian ungkap Naneth Ekopriyono.

Beliau juga menjelaskan bahwa dengan adanya system manejemen yang bagus akan membuat bisnis mampu bertahan dan sukses.

Selain Naneth, kegiatan ini juga mendatangkan Slamet Stefan Rifai, salah satu alumni USM yang sukses menjalankan usaha Trendch Cloting dan Grain Photography.

Stefan memberikan motivasi kepada mahasiswa yang hadir untuk mempunyai mimpi yang besar dalam bidang bisnis, bisa mulai dari kesenangan kemudian mimpi tersebut direalisasikan.

“Jika dilakukan dengan sungguh sungguh maka hasilnya akan baik dan yang lebih penting adalah menjadikan bisnis yang sudah dirintis mampu bertahan demi memenuhi kebutuhan pasar,” tutur Stefan.

Acara yang dipandu oleh Edy Nur Wahyu Julianto ini mendapat respon yang sangat baik dari peserta, ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang antusias bertanya pada acara talkshow dan aktif menggali informasi startup yang sudah dibuat oleh mahasiswa Sistem Informasi.

Acara Talkshow dan Ekspo ini diikuti oleh 12 stand mahasiswa yang sudah terjun ke UMKM.

Mahasiswa telah menganalisis kekurangan yang dihadapi kemudian mahasiswa Sistem Informasi memberikan solusi dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Kegiatan ini merupakan pengembangan mata kuliah kewirausahaan yang diampu Henny Indriyawati, M.Kom.