Universitas Semarang

Rektor USM Lepas 641 Mahasiswa KKN

Saiful Hadi | 09 July 2018

SEMARANG- Sebanyak 641 mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengikuti pelepasan KKN di Auditorium Ir Widjatmoko USM (9/7).

Pelepasan KKN dilakukan oleh Rektor USM Andy Kridasusila SE MM ditandai dengan  pemakaian jas KKN serta topi kepada perwakilan mahasiswa KKN.

Dalam Sambutannya, Andy menyampaikan bahwa KKN merupakan social engineering (rekayasa sosial) dimana mahasiswa   dari berbagai program studi yang berbeda  harus mampu bersinergi dengan masyarakat, mampu berbagi dengan apa yang telah mereka dapatkan selama menempuh pendidikan di bangku kuliah.

KKN merupakan salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi  yang mana mahasiwa harus bisa melakukan social engineering (rekayasa sosial) ditengah masyarakat, mahasiswa dari berbagai program studi berisnergi dan membaur dengan masyarakat  untuk kemajuan bersama” tegas Andy.

Pelepasan Mahasiswa KKN dilakukan secara simbolik dengan pemakaian jas KKN serta topi kepada perwakilan mahasiswa KKN disaksikan para dekan serta Dosen Pembimbing  Lapangan (DPL).

Melalui KKN soft skill mahasiswa akan bertambah bagus seperti team work, leadership, dan  komunikasi, karena pengalaman tersebut sangat bermanfaat ketika mahasiswa terjun di masysrakat khususnya dunia kerja” tambahnya.

“Kami  berharap dengan bekal keilmuawan yang dimiliki, mahasiswa mampu menjadi penerang bagi lingkungan dimanapun berada, semoga KKN 2018 ini dapat berjalan  baik dan lancar” ungkapnya.

Menurut ketua LPPM USM Iswoyo SPt MP bahwa KKN akan dilaksanakan selama satu bulan kedepan bertempat di dua wilayah yaitu Kota Semarang (Kec.Tembalang dan Kec.Genuk) serta Kabupaten Wonosobo yaitudi  Kecamatan Wadaslintang.

“Pada tahun ini kami bekerjasama Pemprov Jateng dengan melibatkan 20 PTN maupun PTS di Jateng untuk melakukan KKN di Jateng. Di Kabupaten Wonosobo kami akan bersamaan dengan tiga PTN lain yaitu UGM, UNS dan Unnes” ungkap Iswoyo SPt MP.

Salah satu program unggulan KKN yaitu adalah bazar murah yang rencananya akan dikunjungi rektor untuk Kecamatan Wadaslintang kunjungan akan dilakukan pada tanggal 2 Agustus mendatang, sementara Kota Semarang akan dilaksanakan pada 29 dan 30 Juli” tambahnya.