Universitas Semarang

Tim Esai Fakultas Psikologi USM Raih Juara I dalam Kompetisi Socrates Unika

AYANG FITRIANTI, S.S. | 14 September 2017


Semarang - Tim A Psikologi Universitas Semarang (USM) belum lama ini berhasil menjadi Juara I dalam kompetisi esai Socrates dengan tema Perilaku Sehat Bebas Narkoba


Kompetisi ini diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata. Kompetisi esai Socrates diikuti oleh 18 tim Fakultas Psikologi dari berbagai universitas di Pulau Jawa. 


Dewan Juri memilih 5 (lima) abstrak esai terbaik untuk dipresentasikan di Universitas Katolik Soegijapranata.


Kelima tim yang lolos dan berhak untuk presentasi adalah Universitas Semarang A, Universitas Semarang B, Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Sanata Dharma. 


Dewan Juri terdiri dari 3 (tiga) orang ahli di bidang psikologi dan NAPZA, yaitu:

1.       Hari Nugroho, MD (Ketua Medis Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional LIDO)

2.       Dr. Y. Bagus Wismanto, M.Si. (Dosen Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata)

3.  Dra. Riza Sarasvita, M.Si., MHS., PhD., Psikolog (Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat BNN & Praktisi di bidang Adiksi Napza, Pengurus Pusat HIMPSI)


Anggota tim A USM adalah Awanda Karin Syafitri, Alpha Dea Devina, dan Vida Aprillia. Mereka mengangkat judul PERISAI GEN-Z : METODE PARENTING CEGAH PENYALAHGUNAAN NAPZA. Anggota tim B USM adalah Ajeng Arinta Aryan Putri, Rizki Putri Ramadani, dan Margaretha Sri Wahyuningrum. Judul esai yang dipresentasikan oleh Tim B adalah KOMUNITAS REAKSI (REMAJA AKTIF DAN BERPRESTASI): SOLUSI PERTEMANAN SEHAT BEBAS NARKOBA.


Kedua tim tersebut didampingi oleh Yudi Kurniawan, S.Psi., M.Psi., Psikolog sebagai dosen pembimbing. Selain menjadi pemenang I, tim A USM juga berhasil meraih penghargaan Best Speaker lewat penampilan impresif Vida Aprillia. (na Dian Savitri)