Universitas Semarang

UKM Pencak Silat Jalin Persaudaraan dengan Latihan Bersama

AYANG FITRIANTI, S.S. | 23 January 2018


Semarang – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Universitas Semarang (USM) lakukan Latihan Gabungan dari berbagai Perguruan Pencak Silat yang berada di Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman parkir kampus USM pada hari Minggu 21/1, diikuti hampir seratus atlit pencak silat dari berbagai perguruan tinggi. Diantara perguruan tinggi yang mengikuti yaitu USM, UNNES, UPGRIS, UNIMUS, UNDIP, UNIMUS, UNTAG, STIE Total Win, UNWAHAS, dan UNISSULA. Selain Perguruan Tinggi turut juga siswa dari SMA Negeri 10 Semarang dari ekstarkurikuler Pencak Silat Perisai Diri.

“Selain melestarikan budaya dan olahraga yang satu-satunya berasal dari Indonesia, Tujuan khusu dilakukan kegiatyan ini adalah untuk mempererat tali silaturrahmi antar perguruan serta agar dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar perguruan pencak silat.”. Ungkap Aziz ketua UKM Pencak Silat USM.

“Selain itu juga dari latihan ini dapat meningkatkan kualitas serta kemampuan dari para atlit” tambah Aziz.

Diantara perguruan pencak silat yang mengikuti yaitu Perguruan Pencak Silat Setia Hati Teratai, Tapak Suci, Raga Jati, Cempaka Putih, Kera Sakti, Perisai Diri.

Selain berlatih teknik latihan, teknik bertanding dalam gelanggang, juga para peserta berlatih bersama Seni Tunggal Pencak Silat.

Pembina UKM Pencak Silat USM Zainuddin yang merupakan Wasit Juri Kota Semarang, menginginkan agar “dilatihan gabungan yang akan datang pasing-masing perguruan tinggi dapat memiliki atlit seni, khususnya seni ganda dan beregu. Sehingga nantinya dapat saling bertukar ilmu dan menambah kemeriahan ketika dalam pertandingan pada POMRAYON ditahun 2019 yang akan datang”.