Universitas Semarang

USAID RWAP & UCAC Bekali Soft Skills Mahasiswa Dengan Active Learning

AYANG FITRIANTI, S.S. | 09 July 2019

Semarang - Setelah mengirim perwakilannya untuk mengikuti ToT Soft Skills Siap Kerja kerjasama USAID RWAP dan UCAC, pelatihan bertajuk Intensive Career Preparation (ICP) akan digelar pada Agustus mendatang di Gedung V USM.

Pelatihan dengan konsep active learning ini, sesuai dengan kesepakatan dengan USAID RWAP, akan membekali soft skills mahasiswa pada empat bidang. Yaitu bidang pengembangan diri, komunikasi, leadership, dan keuangan sehat dimana bidang bidang tersebut dirasa sangat penting sebagai modal awal mahasiswa untuk terjun ke dunia selanjutnya setelah menyelesaikan bangku perkuliahan.

Akan ada 7 batch pelatihan di USM dengan masing masing batch diikuti oleh 45 mahasiswa  yang akan di fasilitatori oleh Dini Anggraheni SS MHum selaku Ketua UCAC, dan Ayang Fitrianti, SS MIKom selaku Pusat Karir UCAC dimana kedua team tersebut sudah dimentori langsung oleh USAID RWAP dan sudah tersertifikasi sebagai trainer / fasilitator.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 ini semata mata dilakukan sebagai bekal mahasiswa untuk menapaki dunia kerja. Peserta diperbolehkan memilih antara tanggal ; 1-2 Agustus, 5-6 Agustus, 8-9 Agustus, 13-14 Agustus, 15-16 Agustus, 19-20 Agustus, dan 22-23 Agustus 2019 tetapi mahasiswa yang sudah memilih diharuskan untuk bertanggung jawab dengan menyelesaikan dua hari pelatihan sesuai tanggal yang sudah mereka pilih dengan menandatangin kontrak.

Dengan metode active learning, diharapkan metode yang dipakai akan berbeda dengan pelatihan pelatihan pada umumnya, sehingga peserta tidak akan bosan dan akan lebih cepat menangkap materi yang akan disampaikan.

Untuk mahasiswa USM yang sudah memenuhi persyaratan bisa mendaftarkan diri langsung di ruang UCAC Gedung V USM lantai 2 atau hubungi Linda +62 821-2298-7405 untuk informasi lebih lanjut.