Universitas Semarang

USM Ajak Siswa SMK Kenal WebERP

AYANG FITRIANTI, S.S. | 12 July 2018

Semarang – Masih dengan tema pengabdian, kali ini Universitas Semarang (USM) melalui Dosen Program Studi Sistem Informasi mengenalkan WebERP kepada siswa SMK

Kegiatan bertemakan “Peningkatan Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP)” ini diberikan kepada siswa SMK khusunya SMK Pelita Nusantara Semarang melalui pelatihan penggunaan fitur-fitur di WebERP yang dipandu oleh Dr. Titin Winarti, S. Kom., MM, Vensy Vydia, M.Kom, Agusta Praba Ristadi Pinem, M.Kom, dan Kholidin, M. Kom dari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Dan Komunikasi (FTIK) USM

Kegiatan ini di adakan di Lab Lepkom M1.2.1 Fakultas TIK USM, pada hari Selasa 10 Juli 2018, pukul 08.00-12.00 WIB, dan diikuti oleh 30 siswi SMK Pelita Nusantara.

Kegiatan yang di isi dengan pelatihan penggunaan fitur-fitur di WebERP ini bertujuan untuk memperkenalkan apa itu ERP dan salah satu perangkat lunak pendukung yaitu WebERP.

Dr. Titin Winarti.,MM menjelaskan, pelatihan ini diharapkan dapat menunjang kegiatan kewirausahaan siswa-siswi SMK Pelita Nusantara baik dalam kegiatan didalam maupun diluar sekolah.

Karena jurusan pendidikan pada SMK Pelita Nusantara yaitu Pemasaran, Perkantoran dan Akutansi mendukung dan sangat dekat penggunaanya dalam modul pada aplikasi WebERP. Seperti tentang penjualan, pemasaran, pendataan barang, inventori, perhitungan laba dan kas.

Vensy Vydia, M.Kom, menambahkan pelatihan dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi teori tentang ERP yang diisi oleh ibu Dr. Titin Winarti, S. Kom., MM. Kemudian 2 sesi yaitu sesi pengenalan WebERP dan sesi latihan dipandu oleh Agusta Praba Ristadi Pinem, Vensy Vydia dan Kholidin.

"Masing-masing peserta belajar bagaimana meng-install WebERP computer mereka masing-masing dan menjalankan beberapa fitur WebERP. Fitur-fitur yang digunakan yaitu fitur Penjualan, Inventori dan Kas,”jelasnya.

Respon baik ditunjukan pada peserta kegiatan dimana beberapa peserta sudah menyelesaikan semua latihan pada modul yang diberikan.

Selain itu peserta juga mendapatkan pengetahuan, pengalaman dalam menggunakan sistem informasi yang dapat langsung di aplikasikan pada kegunaan sehari-hari