Universitas Semarang

USM Beri Pelatihan Pengelolaan Majalah Sekolah Di SMA N 1 Demak

AYANG FITRIANTI, S.S. | 12 July 2018

Demak – Universitas Semarang (USM) melalui Dosen Ilmu Komunikasi (Ilkom)  lakukan pengabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan di SMA Negeri 1 Demak.

Kegiatan pengabdian kali ini  fokus kepada pengelolaan majalah sekolah yang sudah memasuki edisi ke 26 dengan waktu terbit setahun sekali yaitu Majalah ADIKA.

Pelatihan  diikuti 37 peserta baik dari Pengurus Majalah ADIKA periode 2018 hingga siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik.

Pelatihan ini di dilangsungkan Selasa (10/7/2018) di Aula SMA Negeri 1 Demak

Melalui pengabdian ini ditemukan permasalahan majalah sekolah di SMA Negeri 1 Demak dari masalah pengelolaan hingga mengemas artikel agar menarik bagi pembaca.

Hal tersebut dinilai Ketua Program Ilmu Komunikasi USM, Fajriannoor Fanani, akibat dari distribusi ke rubrik Majalah ADIKA belum maksimal.

Tak hanya berbicara bagaimana distribusi rubrik saja, pelatihan tersebut juga mengajarkan bagaimana mengemas majalah agar menarik secara tampilan.

“Kekuatan majalah Sekolah tidak hanya terletak pada keterampilan menulis artikel saja, namun desain layout majalah dari penentuan jenis font, pemilihan warna, template layout nya juga memegang peranan penting untuk menghasilkan majalah sekolah yang menarik” ujar Ketua Pengabdian, Edi Nurwahyu Julianto

“Dengan adanya pengabdian dari dosen dosen Ilmu Komunikasi USM melalui  materi yang diberikan mulai dari strategi rubrik majalah, pengelolaan konten majalah hingga desain dan layout majalah kami harap dapat menjadi bekal siswa siswi SMA Negeri 1 Demak dalam mengelola dan mengasilkan majalah sekolah yang menarik” tambah Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi USM, Fajriannoor Fanani