Universitas Semarang

USM Creative Business Expo 2018 Hadirkan 50 UMKM Guna Menginspirasi Mahasiswa Berbisnis

AYANG FITRIANTI, S.S. | 17 January 2018

Semarang - Universitas Semarang (USM) melalui Mahasiswa program studi Informatika Universitas Semarang mengadakan ‘Creative Business Expo 2018’ dengan menggandeng sekitar 50 UMKM di kota Semarang 15-16 Januari 2018 di Auditorium USM baru baru ini


UMKM yang hadir pun bermacam-macam, ada UMKM dalam bidang kuliner, jasa, dan kerajinan tangan .
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membakar jiwa anak muda untuk berani memulai usaha yang baru, berani untuk berpikir inovatif, dan mendapatkan ilmu dari pakar dan pelaku bisnis yang ada di kota Semarang. 

Creative Business Expo 2018 tidak hanya melibatkan mahasiswa USM saja tetapi juga melibatkan sekitar 50 UMKM yang berada di kota Semarang. Pada hari pertama (15 Januari 2018) diadakan Seminar Expo dengan peserta sekitar 200 mahasiswa dan sekitar 50 pelaku UMKM di Semarang. Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yang berkualitas. 

Pembicara pertama yaitu Fajar Purwoto, SH., MM. (Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang ) sebagai wakili dari pemerintah kota Semarang Bapak Fajar sangat mendukung apabila anak-anak muda ingin memulai usaha tetapi bingung akan tempat untuk berjualan. Fajar juga menyampaikan tentang fasilitas pemerintah dalam membantu pinjaman modal dengan bunga yang rendah dan bahkan beliau akan memberikan tempat terbaik untuk usaha-usaha rintisan anak muda

Hal – hal yang disampaikan oleh Bapak Fajar Purwoto, SH., MM. semakin membuat kita mengerti bahwa kita memiliki pemerintah yang peduli dan mendukung siapapun untuk produktif. 

Pembicara kedua adalah Ketua Klaster Pangan Semarang Pengurus Asosiasi Olahan Hortikultur Jawa Tengah yaitu Albert Marbun ,S.Sos. Pengalaman Albert sebagai pengusaha yang memulai usahanya dari nol sangat memotivasi setiap audience untuk berani ‘nekat’ untuk berusaha. Bapak Albert juga menyampaikan untuk membangun sebuah usaha perlu untuk kreatif dan jadi berbeda dari yang lain. Anak muda harus punya mimpi dan jangan takut gagal. Beliau juga memberikan tips dan trik untuk perijinan usaha sehingga ketakutan perijinan yang dipersulit itu ternyata tidak berdasar. 

Dalam acara ini hadir pula seorang wirausaha memiliki bisnis di bidang kuliner martabak dan sate yaitu Yesi yang ternyata adalah mahasiswa yang saat ini masih aktif berkuliah di Universitas Semarang. Yesi juga melakukan sharing dengan peserta seminar bagaimana pengalamannya selama ini membangun kerajaan bisnis pribadinya hingga mendapatkan penghasilan seperti sekarang ini dan sudah mempunyai rumah dan mobil pribadi.

Hari kedua Creative Business Expo 2018 (Selasa, 16 Januari 2018) dimulai dari pukul 09.00 diadakan pula Worskhop Digital Marketing yang diikuti oleh sekita 30 peserta UMKM di kota Semarang, dengan menghadirkan April Firman Daru, S.Kom., M.Kom. sebagai pembicara. Diharapkan dengan kegiatan ini para pelaku UMKM dapat meningkatkan strategi promosi produknya melalui internet dan media social sehingga terjadi peningkatan hasil penjualan. Acara berlangsung lancar. banyak sekali mahasiswa, dosen dan juga masyarakat umum yang hadir untuk sekedar melihat produk-produk UMKM ataupun membeli kuliner ataupun cindera mata yang ada di stand-stand yang sudah disediakan panitia.

Dengan diadakannya Creative Business Expo 2018 kita semua berharap untuk anak muda berani bermimpi, berani keluar dari zona nyaman, berani berpikir inovatif, dan berani membangun kerajaan bisnisnya sendiri.  Karena setiap orang berkesempatan untuk sukses.