Universitas Semarang

USM Gelar Pakem Untuk 4.823 Mahasiswa Baru 2019/2020

AYANG FITRIANTI, S.S. | 28 August 2019

Semarang - Mahasiswa Baru USM Mengikuti Upacara Penrimaan Mahasiswa Baru di Auditorium Ir Widjatmoko. Total sebanyak 4.823 mahasiswa baru Universitas Semarang (USM) mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Akademik dan Kegiatan Mahasiswa (Pakem) tahun akademik 2019/2020 di Auditorium Ir Widjatmoko USM pada Rabu (28/8).

Ke-4.823 mahasiswa tersebut terdiri dari 12 program studi yang ada di USM baik D3 maupun S1 diantaranya D3 Manajemen, S1 Ilmu Hukum, S1 Manajemen,  S1 Akuntansi, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Perancanaan Wilayah dan Kota, S1 Teknologi Hasil Pertanian, S1 Psikologi, S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika, dan S1 Ilmu Komunikasi. 

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor USM ini dilakukan secara simbolik dengan memakaikan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa dari masing-masing program studi dihadiri oleh ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof H Abdullah kelib SH, para wakil rektor, para dekan serta pejabat struktural USM.

Dalam sambutannya, Rektor Andy Kridasusila SE MM mengaku sangat senang atas kepercayaan yang telah diberikan oleh mahasiswa kepada USM karena pada tahun ini jumlah mahasiswa mengalami kenaikan dari tahun lalu 4656 menjadi 4823.
“Kepercayaan anda akan kami kembalikan kepada anda semua melalui proses belajar mengajar yang sesuai aturan, kemudian juga kami memberikan keleluasaan anda semua untuk beraktivitas di kegaiatn kemasiswaan” ungkap Andy.

“Salah satu fasilitas kampus yang sedang dalam masa pembangunan saat ini adalah gedung parkir 7 lantai dan Menara USM  9 lantai yang akan dipergunakan  sebagai ruang kuliah, rektorat dan aktivitas-aktivitas lainnya” tambah Andy..
Andy menghimbau kepada seluruh mahasiswa baru untuk mengindari tindakan kontraproduktif dan sebaiknya melakukan aktivitas-aktivitas yang positif,

 “Saya menginginkan mahasiswa baru tahun ini selalu beorientasi pada kemajuan dan mengutamakan prestasi serta aktif di kegiatan ekstrakurikuler di kegiatan Orma maupun UKM yang mana nantinya akan digunakan untuk Surat Keterangan pendamping ijazah (SKPI) ketua lulus” tuturnya.

USM dengan slogannya “Jembatan Masa Depan Anda” akan berupaya untuk mengawal para mahasiswa sampai dengan kelulusan. 

Selain itu Rektor juga berpesan untuk melakukan  aktivitas yang positif, dan yayasan telah membuat visi misinya bahwa lulusan USM harus memiliki ciri yaitu berkeindonesiaan, artinya mahasiswa harus menjaga pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika..

 “Jaga almamater USM denan sebaik-baiknya sehingga pada akhirnya anda akan mendapatkan kemudahan di dalam menjalankan aktivitas di masa depan anda” pungkasnya.