Universitas Semarang

USM TAMBAH SATU DOKTOR HUKUM

AULIA ADE HANISA, S.E. | 06 April 2018

SEMARANG – Universitas  Semarang (USM)  kembali menambah satu doktor yaitu  Amri Panahatan Sihotang  salah satu dosen Fakultas Hukum USM. Dia berhasil meraih predikat cumlaude pada ujian terbuka yang dihadiri Rektor USM Andy Kridasusila SE MM, Anggota Pengurus Yayasan Alumni Undip, para wakil rektor serta dosen  Fakultas Hukum USM.
Pengukuhan gelar ini dilakukan dalam sidang promosi doktoral, bidang Ilmu Hukum yang digelar terbuka di Ruang Terbuka Fakultas Hukum Unissula Selasa (3/4/2018).
Dosen Fakultas Ilmu Hukum Universitas Semarang, Amri Panahatan Sihotang, SS. SH. M.Hum. resmi meraih gelar doctoral (S3) di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)
Amri  mengambil S3 Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Islam Sultan Agung (Unissula) meraih gelar doktor usai mempertahankan disertasi dengan judul “Rekontruksi Perlindungan Hukum terhadap Janda Cerai Mati pada Masyarakat Batak Toba Berbasis Nilai Keadilan,” 
Amri Panahatan menyampaikan 3 hasil penemuan yaitu Perlunya adanya resposisi terhadap kedudukan janda cerai mati di dalam masyarakat batak toba dalam hal warisan dengan konsep pembaharuan hukum, Adanya kepastian hukum untuk janda cerai mati pada masyarakat umum yang berbasis nilai keadilan dengan pemerintah melakukan judikal review terhadap beberapa pasal-pasal yang ada di dalam undang-undang No  1 tahun 1974 tentang perkawinan dan Adanya rekayasa sosial terhadap hukum adat privat menjadi hukum adat privat publik
Dalam disertasinya, Ia mengungkapkan terkontaminasi Responden para janda di masyarakat Batak Asli dan masyarakat Batak Perkotaan konsepnya sudah ada perubahan menjadi asli atau terkontaminasi terhadap arus moderalisasi, teknologi dan interaksi sosial.
“Kondisi daripada janda cerai mati yang ada di Asli Masyarakat  Toba dengan sudah mengalami perkembangan dimasyakarat perkotaan berbeda,” ungkap Amri Panahatan.
Bertindak sebagai promotor adalah Prof Dr H Gunarto, SH, SE, Akt, Mhum sebagai ketua penguji sekaligus Dekan FH Unissula, Prof Dr H Mahmutarom, SH, MH seabagai penguji sekaligus Rektor Unwahas, Prof H Abdullah Kelib, SH sebagai penguji External, Dr H Akhmad Khisni, SH, MH sebagai Co Promotor, Dr Sukirno, SH, MSi sebagai penguji eksternal sekaligus Sekretaris Program Doktor Ilmu Hukum Undip dan Dr Hj Anis Masdhurohatun, SH, MHum sebagai penguji sekaligus Ketua Progdi Ilmu Hukum.