Universitas Semarang

USM - Lemhanas Jalin Kerja Sama

Saiful Hadi | 16 March 2019

JAKARTA- Universitas Semarang (USM) menjalin kerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI dengan melakukan penandatanganan MoU di Kantor Lemhanas RI di Jakarta pada Jum’at (15/3).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor USM Andy Kridasusila dan Gubernur Lemhanas RI Letjen (purn) Agus Widjojo disaksikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof H Abdullah Kelib SH.

Selain dengan USM Lemhanas juga menandatangani kerja sama dengan kementrian agama RI.
Dalam kerja sama ini rencana akan dilakukan pendidikan wawasan kebangsanan baik di lingkunagn kemenag maupun bagi dosen USM.

“Dengan kerja sama ini bisa meningkatkan sumber daya manusia kedua belaj pihak terutama dalam hal wawasan kebangsaan” ungkap Menag Lukman Hakim Saifudin.
“Nilai- nikai kebangsaan dilandasi dengan nilai keagamaan sehingga agama akan memberi arti dalam kehidupan dan nilai- nilai kebangsaan” tambahnya.

Sementara Rektor USM Andy Kridasusila berharap dengan kerja sama ini semua dosen karyawan dan mahasiwa memiliki konsep kebangsaan yang sama. Sebelumnya USM juga telah menjalin kerja sama dengan Polda Jateng terkait wawasan kebangsaan.

“Semoga dengan kerja sama ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan kerja sama ini bisa ditingkatkan dan dalam waktu dekat USM akan mengirim dosennya untuk ikut pelatihan di Lemhanas” tambah Andy.

Menurut Gubernur Lemhanas RI Letjen (purn) Agus Widjojo dengan ditandatangi dokumen kerja sama antara Lemahanas dan Kemenag serta USM ini bisa diimplementasikan secaa nyata dan konsisten terkait bidang- bidang yang tercantum dalam kerja sama.

“Sinergi antara ketiga institusi ini diharapakan menjadi sarana dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, serta meningkatkan capaian dan sasaran yg optimal terutama pada nilai- nikai kebangsaan” tambahnya