Universitas Semarang

USM - Peradi Tanda Tangani Kerjasama

Saiful Hadi | 06 August 2018

SEMARANG- Magister Hukum (MH) Universitas Semarang (USM) menjalin kerjasama melalui MoU dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dalam Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan  Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Ruang Sidang Pasca Sarjana USM pada Senin (6/8).

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor USM Andy Kridasusila SE MM dengan Ketua DPC Peradi Kota Semarang M Reza Kurniawan SH serta dihadiri oleh Direktur Pasca Sarjana Dr Drs  Joko Santoso MSi, Ketua Progdi MH Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Dekan Fakultas Hukum B Rini Heryanti SH MH, serta anggota Peradi dan Alumni MH USM.

Rektor USM, Andy menyampaikan dengan sinergi ini diharapkan  USM bisa memberi bekal kepada mahasiswa supaya kedepannya mereka lebih siap dengan bekal ilmu hukum.

“Sinergi ini memerlukan komitmen supaya masyarakat kita lebih melek hukum, tentu akan membawa efek yang sangat baik. Dengan kesadaran hukum dapat menjadikan masyarakat lebih baik lagi dan mudah-mudahan dapat membawa aura positif sehingga gaung Peradi Semarang lebih terasa. Saya yakin dengan dukungan kerjasama ini USM dan Peradi akan lebih berkibar lagi” tambahnya.

Sementara Direktur Pasca Sarjana JDr Drs  Joko Santoso MS berharap pada tahun 2020 kami berpacu dengan tim baik Magister Hukum maupun Magister Managemen (MM) untuk mendapatkan akreditasi A, tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan santai-santai, salah satu nilai dalam akreditasi tersebut adalah melalui kerjasama ini. Tentunya kedua belah pihak baik USM maupun Peradi bisa mendapatkan manfaat  untuk maju semuanya.

Kegiatan ini mengarah pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam bidang pendidikan direncanakan sebagai perumusan kurikulum yang pas, dalam bidang penelitian diharapkan bisa membangun bersama ranah-ranah kajian seperti pusat kajian hukum dan konstitusi. Sementara dalam bidang pengabdian masyarakat dilakukan dengan cara membantu masyarakat agar mengetahui ranah-ranah hukum’ tambahnya.

“Di Magister Hukum USM ada Lembaga Bantuan Hukum kepada masyarakat dan perlindungan konsumen. Di MM USM ada pusat pengembangan koperasi dan UMKM yang sudah melakukan pengabdian di beberapa daerah” terang Joko.

Ditambahkan Ketua DPC Peradi Kota Semarang M Reza Kurniawan SH menyampaikan bahwa kerjasama ini sangat penting, dalam bidang pendidikan beberapa anggota Peradi telah melakukan proses mengajar, dalam bidang penelitian  khususnya bagi advokat ketika sudah mengambil S2  akan mengalami perbedaan pola pikir yang lebih berkembang serta lebih strategis dalam menyelesaikan permasalahan. Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas SDM anggota Peradi.

“Dalam bidang pengabdian, di USM sudah ada Pusat Bantuan Hukum, kami sudah bekerjasama dengan Fakultas Hukum USM dan kami juga mempunyai lembaga Bantuan Hukum. Kita bersama-sama mengabdikan kepada masyarakat khususnya dalam proses penegakan hukum” sambungnya.