Breaking News
Home / Lembaga & UPT / UPT Pusat Komputer

UPT Pusat Komputer

  • Profile
  • Fasilitas
  • Pengelola UPT Puskom
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Komputer dibuka bersamaan dengan berdirinya Politeknik Semarang (sebelum menjadi Universitas Semarang) pada tahun 1987, sebagai sarana proses belajar mengajar sehingga menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan teknis menggunakan komputer beserta aplikasinya dan siap menghadapi era global.

Mulai tahun 2006, UPT Komputer berubah menjadi UPT Pusat Komputer (PUSKOM) yang bertugas untuk menyiapkan penyusunan kebijakan umum dalam pengembangan IT, penyusunan rencana strategis dan operasional UPT PUSKOM, juga melayani kegiatan praktikum mahasiswa semua fakultas. UPT Pusat Komputer dikelola oleh para pegawai tetap yang mempunyai keahlian di bidang komputer dan multimedia serta dibantu oleh tim instruktur dan asisten dari masing-masing fakultas.

Selain praktikum wajib, juga diadakan praktikum-praktikum pendukung mata kuliah, serta pelatihan-pelatihan kepada para mahasiswa sendiri, juga pelatihan komputer untuk komponen masyarakat lain seperti guru dan remaja putus sekolah sebagai salah satu kegiatan pengabdian masyarakat.

Fasilitas yang dimiliki adalah 100 PC (LAN) terhubung Internet, printer, dan LCD di dalam ruangan yang sejuk.

Dalam upaya mewujudkan Excellence Service di USM khususnya akses informasi global bagi mahasiswa, telah tersedia 2 warnet yang masing-masing berisi 10 komputer. Selain itu tersedia beberapa anjungan Internet mahasiswa di setiap fakultas.

UPT Puskom juga telah membangun beberapa free hotspot area guna memenuhi kebutuhan akses Internet yang lebih mudah dan modern. Sejak akhir tahun 2010 sudah tidak ada sejengkal area kampus yang tidak tercover sinyal hotspot, bahkan dimungkinkan mahasiswa yang tinggal di sekitar area kampus bisa terlayani Internet 24 jam non stop.

  • Kepala
    Soiful ST, M.Kom
  • Alamat
    UPT Pusat Komputer (Puskom) USM
    Gedung A lantai 2
    Jl. Soekarno-Hatta Semarang 50196
    Telepon (024) 6702757 psw. 124
    Fax. (024) 6702272