Breaking News
Home / Berita Fakultas / Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kampanyekan Kunjungan ke Museum Melalui Video
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kampanyekan Kunjungan ke Museum Melalui Video

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kampanyekan Kunjungan ke Museum Melalui Video

SEMARANG – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) membuat sebuah video kampanye digital yang diunggah ke situs berbagai video gratis Youtube dan berisi pentingnya generasi muda untuk mengunjungi museum, baru-baru ini.

Menurut Zaul, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi USM tujuan dari pembuatan video kampanye digital tersebut adalah untuk mendekatkan budaya berkunjung museum ke generasi muda.”Kami melihat minat anak muda untuk berkunjung ke museum masih sangat rendah. Dengan video yang kami buat ini diharapkan bisa membuka mata anak muda kalau museum itu bisa jadi tempat ngumpul dan nongkrong yang asyik. Selain bisa ngumpul, kami juga bisa belajar sejarah dan kekayaan budaya bangsa Indonesia di Museum Ranggawarsita,”kata Zaul.

Zaul menambahkan bahwa kegiatan ini selain bertujuan lebih mengenalkan museum ke anak muda, juga diharapkan agar dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Museum Ranggawarsita.”Selain itu pembuatan video ini juga sebagai bentuk pengaplikasian keilmuan mahasiswa yang berupa tugas akhir dari mata kuliah Manajemen Public Relation. Karena kami diajarkan untuk membranding sebuah instansi agar lebih dikenal oleh publik,”tambahnya.

Pembuatan video kampanye digital Museum Ranggawarsita tersebut mendapatkan sambutan positif dari pihak pengelola museum. Jumrotul, salah satu staf Administrasi Museum Ranggawarsita mengatakan, bahwa video kampanye yang dibuat Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM sangat bagus dan hal tersebut merupakan langkah aktif generasi muda untuk mencintai museum.”Pembuatan video tersebut adalah langkah bagus bagi generasi muda yang masih peduli dengan museum, dan hal tersebut ikut berkontribusi dalam membangun persepsi museum agar lebih mudah diterima di kalangan generasi muda.”imbuhnya.

Video yang mengambil tema Jas Merah atau Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah, ungkapan terkenal dari Presiden Indonesia Pertama, Bung Karno, adalah untuk mengingatkan anak muda agar jangan malu berkunjung ke museum. Karena museum adalah tempat menyimpan berbagai aset kekayaan budaya dan sejarah bangsa Indonesia. Maka dari itu, Ayo ke Museum !

About Humas USM