Universitas Semarang

Fakultas Ekonomi


Program Studi

  • D-III Manajemen Perusahaan, Akreditasi A
  • (SK BAN-PT No. 029/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/XII/2012)
  • S-1 Manajemen, Akreditasi B
    (SK BAN-PT No. 027/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015)
  • S-1 Akuntansi, Akreditasi B
    (SK Ketua BAN-PT No. 0207/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016)
    http://akuntansi.usm.ac.id

VISI      :

Menjadi pusat pendidikan Diploma Tiga (D3) yang Unggul dalam pengelolaan Manajemen Perusahaan menuju standar internasional pada tahun 2021

MISI     :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi Diploma Tiga bidang Manajemen Perusahaan dengan konsentrasi dibidang operasi, pemasaran, keuangan dan kewirausahaan menuju standar internasional pada tahun 2021.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan yang dapat memperkaya khasanah keilmuan dan praktek manajemen dalam perusahaan secara berkesinambungan menuju standar internasional pada tahun 2021.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang yang relevan untuk mengembangkan masyarakat bisnis yang beretika dan bermutu.


No Tujuan Sasaran Strategi Pencapaian Indikator Capaian
1 Menghasilkan lulusan yang profesional khususnya di bidang operasi, pemasaran, keuangan, dan kewirausahaan yang mempunyai daya saing tinggi, bermoral, jujur, mandiri, dan beretika 1. Meningkatkan kemampuan dosen dari tingkat pendidikan 1. Pendidikan dosen sekurang-kurangya Strata 2 (S2) 1. Dosen Semua S2
2. Mendorong Dosen untuk memiliki sertifikat kompetensi 2. Semua dosen harus ter sertifikasi (orang komulatif)
2. Mencari dan meyeleksi calon mahasiswa yang memiliki potensi yang baik. 1. Menyeleksi mahasiswa dan meningkatkan penerimaan mahasiswa berprestasi. 1. Terwujudnya mahasiswa yang berprestasi (% komulatif)
2. Mengevaluasi proses seleksi calon mahasiswa untuk lebih meningkatkan kualitas seleksi. 2. Implementasi dan monitoring proses seleksi calon mahasiswa (% komulatif)
3. Menerapkan kurikulum yang fokus pada praktek khususnya bidang operasi, pemasaran, keuangan dan kewirausahaan 1. Proses pembelajaran yang fokus pada praktek yang melekat di setiap mata kuliah. 1. Terwujudnya kurikulum yang memadai bidang operasi, pemasaran, keuangan dan kewirausahaan yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna. (% komulatif)
2 Memberikan kontribusi dalam pengembangan dunia bisnis yang beretika dan bermutu 1. Fokus pada pembentukan kurikulum yang menitik beratkan pada praktek sesuai dengan rencana penyempurnaan visi yang lebih relevan dengan perkembangan kebutuhan lingkungan terutama dunia bisnis. 1. Meningkatkan wawasan dan keahlian dan ketrampilan mahasiswa melalui kegiatan magang pada berbagai instansi. Mahasiswa memahami dunia usaha dan industri melalui program magang / kerja praktek (% komulatif) Dihasilkannya lulusan yang memiliki kompetensi dibingan pengelolaan manajemen perusahaan dibidang operasi,Keuangan dan pemasaran. (% komulatif)
2. Mempersiapkan mahasiswa yang memilki kompetensi dalam pengelolaan manajemen yang meliputi bidang operasi, keuangan, pemasaran dan kewirausahaan.retika dan bermutu
3 Menyebarluaskan ilmu manajemen, khususnya bidang operasi, pemasaran, keuangan dan kewirausahaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terciptanya iklim akademik yang mendorong inovasi dan pengembangan keilmuan maupun praktik di bidang Operasi, Pemasaran, Keuangan dan Kewirausahaan Meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia baik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa melalui seminar, kuliah umum, workshop dan pelatihan di bidang operasi, pemasaran, keuangan, dan kewirausahaan. Meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat dari dosen maupun bersama antara dosen dan mahasiswa. Terciptanya iklim akademik yang mendorong inovasi dan pengembangan keilmuan maupun praktik di bidang Operasi, Pemasaran, Keuangan dan Kewirausahaan ( kali, dalam setahun) Semua dosen melakukan kegiatan penelitian dengan melibatkan mahasiswa. (orang pertahun)

VISI    :

Pada tahun 2030 menjadi fakultas ekonomi yang unggul dalam bidang manajemen dan akuntansi menuju standar internasional.

 

MISI   :

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diarahkan kepada peningkatan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas di bidang manajemen dan akuntansi menuju standar internasional.
  2. Meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang profesional dibidang manajemen dan akuntansi menuju standar internasional.
  3. Melaksanakan pengembangan sarana prasarana dengan mengikuti dinamika pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuju standar internasional.

 

Tujuan   :

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai, meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi secara professional.
  2. Menjalin dan meningkatkan kerjasama yang didasarkan pada kebersamaan, kesejahteraan dan kesederajatan, baik dengan industri, lembaga pendidikan tinggi maupun institusi lain yang memiliki kesamaan pada pengembangan ilmu ekonomi.
  3. Meningkatkan kinerja sivitas akademika di tingkat Fakultas yang mampu menguasai, meningkatkan, mengembangkan dan memanfaatkan IPTEKS, di bidang ekonomi.
  4. Meningkatkan mutu fasilitas, prasarana, sarana dan teknologi bagi terwujudnya struktur dan kultur kelembagaan yang mendukung suasana akademis dan profesionalisme.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran yang ingin dicapai Fakultas Ekonomi Universitas Semarang adalah

  1. Tercapainya tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berwawasan lingkungan agar mampu mengambil bagian dalam bidang ekonomi.
  2. Tercapainya kualitas dan kuantitas hasil penelitian yang relevan di bidang ekonomi.
  3. Tercapainya pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian masyarakat dalam bidang ekonomi.
  4. Tercapainya peningkatan kerjasama dalam kelembagaan.
  5. Tercapainya peningkatan mutu fasilitas, prasarana, sarana dan teknologi.

 

Strategi untuk mencapai sasaran adalah sebagai berikut :

I.        I. Pendidikan

  1. Mengevaluasi kurikulum program studi secara periodik sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
  2. Meningkatkan sumber daya Dosen dan tenaga kependidikan melalui studi lanjut, berperan serta dalam kegiatan seminar, pelatihan, lokakarya dan lain-lain.
  3. Mengevaluasi proses pembelajaran secara periodik yang dilakukan setiap semester.
II. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  1. Menyusun dan mengevaluasi secara periodik agenda penelitian, pengabdian kepada masyarakat setiap semester sesuai perkembangan dan Ipteks.
  2. Meingkatkan kemampuan Dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai pelatihan baik yang diselenggarakan secara internal maupun eksternal.
  3. Meningkatkan intensitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat secara periodik (setiap semester).
III.  Kerjasama
  1. Memperluas jejaring dengan institusi di dalam dan di luar negri dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.