Universitas Semarang

UPT Perpustakaan


UPT Perpustakaan Universitas Semarang (USM) dioperasikan sejak tahun 1987 bersamaan dengan berdirinya Politeknik Semarang yang memiliki koleksi berjumlah 804 judul buku atau 1.459 eksemplar. Pada waktu itu UPT Perpustakaan USM menempati Gedung Serba Guna Lantai 3 di Jl. Atmodirono No. 11 sampai dengan tahun 1993, kemudian pada tahun 1999 pindah ke kampus III Jl. Soekarno-Hatta Tlogosari yang menempati Gedung B (Ir. Widjatmoko) lantai 2 dan 2 balkon dengan luas bangunan ± 4.532 m² yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dijangkau oleh semua fakultas/unit di lingkungan sivitas akademika Universitas Semarang. Sejak saat itu, perpustakaan dikelola secara profesional, koleksi perpustakaannya selalu meningkat, dan pelayanan kepada sivitas akademika ditangani oleh tenaga yang handal serta disediakan pula ruang baca dan ruang belajar yang cukup memadai untuk pengguna perpustakaan.
Pada tahun 1993 sarana penelusuran yang digunakan adalah dengan kartu katalog maupun katalog komputer dengan program CDS/ISIS versi 3.7 (versi dos). Program tersebut digunakan dalam rangka penelusuran informasi koleksi dan pengolahan bahan pustaka. Dan mulai pertengahan tahun 1999 program tersebut dikembangkan pula pada bidang sirkulasi untuk penggunaan peminjaman dan pengembalian buku. Pada tahun 2004 perpustakaan mengembangkan pelayanan dengan menambah software baru yaitu New Clipping yang berisikan artikel-artikel dari berbagai surat kabar/majalah yang disajikan dalam bentuk eletronik dengan data mulai tahun 2001 s/d 2004 dan bisa dicetak jika dibutuhkan untuk membantu pengguna perpustakaan.
Pada pertengahan bulan September 2006 perpustakaan mengembangkan sayap mengganti CDS/ISI ke software baru Sistem Informasi Perpustakaan Terpadu (SIPUS versi 0.3) untuk meningkatkan pelayanan yang optimal terhadap pengguna atau pengunjung perpustakaan baik pengolahan bahan pustaka yang sudah memakai barcode, sirkulasi dengan scanner, penelusuran kembali, dan laporan kegiatan perpustakaan. Pada bulan Oktober 2008 SIPUS mengalami gangguan sehingga semua kegiatan di UPT Perpustakaan USM untuk sementara tidak bisa dicover lagi karena semua data buku sudah dimasukkan di Database SIPUS.
Akhirnya pada bulan Oktober tahun 2009 UPT Perpustakaan USM memberanikan diri untuk mengganti software perpustakaan, karena SIPUS sudah tidak bisa digunakan kembali. Software yang digunakan adalah software “Portal Senayan Library Automation” yang dikembangkan oleh Pusat Informasi & Humas Depdiknas RI dengan Released Under GNU GPL Licence. SENAYAN adalah Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur yang cukup lengkap dan masih terus aktif dikembangkan. Keunggulan SENAYAN adalah multi-platform, yang artinya bisa berjalan secara native hampir di semua sistem operasi yang menjalankan bahasa pemrograman PHP dan RDBMS MySQL.
Pada bulan Januari 2015 ini jumlah koleksi buku yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan USM berjumlah sekitar 15.948 judul dan 34.641 eksemplar yang terdiri dari berbagai bidang disiplin ilmu, yaitu: bidang ilmu hukum, manajemen, akuntansi, teknik sipil, teknik elektro, teknologi hasil pertanian, peternakan, psikologi, teknik informatika, sistem informasi, ilmu komunikasi, agama, lingkungan hidup, kamus, ensiklopedi, dan novel. Selain koleksi buku, UPT Perpustakaan USM juga memiliki koleksi non buku seperti skripsi, laporan penelitian dosen, karya tulis dosen, jurnal, majalah, koran, dan jurnal internasional berupa Springer e-journal yang dapat diakses dari lokasi ip address USM secara gratis serta jurnal online yang dapat diakses di http://journal.usm.ac.id dan http://digilib.usm.ac.id. Sedangkan fasilitas layanan yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan USM pun cukup memadai yang meliputi layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan karya ilmiah (skripsi, laporan penelitian, dan karya tulis dosen), layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran), layanan tandon, layanan fotokopi, dan layanan e-journal baik yang dilanggan sendiri oleh UPT Perpustakaan USM (Springer) maupun yang dilanggan oleh DIKTI (Proquest, Gale Cangage, dan EBSCO) serta disediakan pula ruang baca, ruang belajar, ruang diskusi, dan hot spot area.
Dalam rangka peningkatan pelayanan perpustakaan, maka UPT Perpustakaan USM berperan serta menjalin jaringan kerjasama dengan dengan perpustakaan perguruan tinggi yang terdapat di wilayah Kopertis VI Jawa Tengah dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah dengan jasa layanan kartu “JASAPUSPERTI” yang dapat digunakan untuk mengunjungi 59 perpustakaan perguruan tinggi negeri dan atau swasta di Jawa Tengah. Selain bekerjasama dengan perpustakaan perguruan tinggi di wilayah Kopertis VI Jawa Tengah dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah, UPT Perpustakaan USM juga menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indoensia Wilayah V (Jawa Tengah dan DIY) yang beralamat di Jl. Imam Bardjo SH No. 4 Semarang dan menjadi anggota aktif serta bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) melalui layanan kartu “SUPER” yang dapat dimanfaatkan untuk mengunjungi perpustakaan perguruan tinggi di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.
  1. Online Public Access Catalog (OPAC) tersedia 2 metode penelusuran yaitusecara sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search).
  2. Format XML (Extensible Markup Language) untuk kebutuhan web service.
  3. Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisir redudansi data.
  4. Masterfile untuk data referensi seperti GMD.
  5. Sirkulasi dengan fitur : transaksi peminjaman dan pengembalian, aturan peminjaman yang fleksibel, reservasi koleksi.
  6. Manajemen keanggotaan.
  7. Inventarisasi koleksi (stocktaking)
  8. Laporan dan statistik.

Kepala Perpustakaan USM

Nurlistiani, S.Sos., M.A.

UPT Perpustakaan Universitas Semarang (USM)
Gedung B lantai 2 dan Balkon
Jl. Soekarno-Hatta, Tlogosari Semarang 50196
Telepon (024) 6702757 psw. 2209
Fax. (024) 6702272