Universitas Semarang

Visi, Misi, dan Tujuan


Menjadi Universitas yang menghasilkan sumber daya insani yang profesional dan beradab serta berkeindonesiaan, berwawasan teknologi infromasi dan pembangunan berkelanjutan yang mampu bersaing baik secara nasional maupun global.
  1. Pendidikan akademik, vokasi, dan profesi.
  2. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, yang dilandasi dengan asas kebenaran, keadilan dan kemandirian (kerakter ke Indonesiaan) serta,
  3. Pengembangan dan penciptaan, serta penyebaran ipteks berwawasan pembangunan yang berkelanjutan dan teknologi infromasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing secara nasional maupun global.

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, melalui budaya akademik yang didukung dengan kinerja yang baik dan  berdasarkan  atas kebenaran, keadilan dan kemandirian, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan tanggap terhadap perubahan nasional maupun global, maka tujuan Universitas Semarang yang ingin dicapai dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah :

  1. Menghasilkan lulusan berkemampuan akademik, vokasi, dan profesil yang  berkualitas dalam berbagai bidang ilmu, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral Pancasila, berwawasan kebangsaan, serta berbudi luhur (karakter ke Indonesiaan), yang mampu bersaing baik secara nasional maupun global.
  2. Mengembangkan dan menciptakan IPTEKS dalam berbagai bidang ilmu berwawasan pembangunan yang berkelanjutan dan menguasai teknologi infromasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat dan mampu bersaing secara nasional maupun global.
  3. Menerapkan dan menyebarluaskan IPTEKS dalam berbagai bidang ilmu.