Breaking News
Home / Kabar USM / USM Siap Buka Program Profesi Insinyur

USM Siap Buka Program Profesi Insinyur

Universitas Semarang (USM) saat ini sedang mempersiapkan pembukaan program studi baru yaitu Program Profesi Insinyur (PPI) yang nantinya akan menginduk di Fakultas Teknik.

Menurut Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Joetata Hadihardaja, yayasan siap menfasilitasi baik sarana prasarana maupun SDM guna persiapan pembukaan progdi PPI.

Sementara tim dari Fakultas Teknik menggelar studi banding  ke Universitas Brawijaya (UB) sebagai salah satu Institusi dari 40 institusi yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti dalam menyelenggarakan Program Profesi Insinyur (PPI) pada 4-5 Desember lalu.

Tim rombongan terdiri dari Dekan FT Ir Supoyo MT, Wakil Dekan Teknik Ir Sri Yusmiati MSi, Ketua Jurusan Teknik Sipil Purwanto ST MT, Ketua Jurusan Teknik Elektro Budiani Destyningtias ST MEng, Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Titik Nurhayati ST MEng Serta Dosen Prodi Elektro Andi Kurniawan Nugroho ST MT.

Rombongan USM diterima Dekan FT UB Dr Ir Pitojo Tri Juwono MT, Wakil Dekan I Dr Surjono MTP, Wakil Dekan II Dr Ir Sholeh Hadi Pramono MSc serta Wakil Dekan III Dr Slamet Wahyudi ST MT di Ruang Dekanat UB.

Dalam sambutannya, Dekan UB menjelaskan bahwa UB merupakan satu-satunya institusi di Jawa Tiwur yang sudah membuka Program Profesi Insinyur tahun ini dengan menerima angkatan I. Program ini terdiri dari dua semester (1 tahun) dengan bobot SKS 24 sks (terdiri 30 teori dan 70 praktek).

Dalam praktek beda dengan S1, tetapi disini mahasiswa dituntut untuk memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan perusahan sehingga dapat  meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan tersebut. Dalam hal ini Dekan Teknik UB sangat bergembira FT USM berencana membuka program PPI sehingga akan membantu pemerintah dalam meningkatkan SDM Indonesia yang handal khususnya di bidang Keinsinyuran.(ak)

About redaksi