Breaking News
Home / Uncategorized / USM Siapkan Prodi Profesi Insinyur

USM Siapkan Prodi Profesi Insinyur

Semarang – Mengingat pentingnya profesi insinyur dalam menghadapi persaingan dalam kancah internasional yang sangat ketat, USM  bersiap membuka program studi profesi insinyur. Hal itu diawali dengan digelarnya acara sosialisasi Undang-undang No 11 tahun 2014 , tentang Keinsinyuran di Ruang Sidang Kampus USM, beberapa waktu lalu.

Hadir sebagai narasumber yaitu Wakil Rektor I USM Dr Supari ST MT dan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Semarang Koordinator Wilayah Jawa Tengah Ir Wisnu Suharto Diol HE IPU ACPE.

Wakil Rektor I USM Dr Supari menyampaikan, saat ini hanya 40 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Tanah Air yang ditunjuk oleh Kementrian Riset Teeknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), untuk menjadi rintisan penyelenggara Program  Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI). PS-PPI tersebut ditarget sudah mulai dilaksanakan pada tahun akademis 2016/2017.

“Meskipun USM tidak masuk dalam daftar tersebut, namun USM akan mengajukan permohonan untuk menyelenggarakan prodi tersebut. Dan kami menargetkan PS-PPI USM dapat dilaksanakan pada tahun 2018. Di samping program profesi insinyur , USM juga sedang mempersiapkan program profesi psikologi,” kata dia.

Untuk itu, lanjut dia, USM akan menyiapkan untuk membuka program studi keinsinyuran dimulai sejak sekarang. Kesiapan itu ditandai dengan mempersiapkan tenaga pengajar agar dapat memenuhi kualifikasi program tersebut.

Sementara Wisnu, meyampaikan, tentang arti penting profesi insinyur di masyarakat dan kesiapan perguruan tinggi dalam menghadapi dan membuka program studi tersebut.

Program tersebut menurut dia , akan menjadikan para sarjana teknik mendapat sertifikat profesi sebagai insinyur. Profesi insinyur tersebut sama halnya seperti program profesi lain seperti akuntan, psikolog, dokter, apoteker, dan lainnya.

“Program profesi insinyur ini penting melihat persaingan di masa dating sangat ketat. Ini diatur supaya bias bersaing di tingkat dunia,” terangnya.

Ia memaparkan tentang payung hukum  dalam penyelenggaraan prodi profesi insinyur. Wisnu juga menyampaikan insinyur itu sangat luas dan universal. DIantaranya yaitu bidang kebumian dan energy, rekayasa sipil dan lingkungan terbangun, industry, konservasi dan pengelolaan sumber daya alam, pertanian dan hasil pertanian, teknologi kelautan dan perkapalan serta aeronotika dan astronotika.

About Humas USM